detikhealth

Agar Sinus Tak Gampang Kambuh

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 26/04/2010 10:48 WIB
Halaman 1 dari 4
Ilustrasi (Foto: rachaelray)
Jakarta, Banyak orang yang menderita sinusitis atau sinus sangat terganggu dengan gejala-gejala yang ditimbulkan. Namun, tidak ada cara praktis untuk menyembuhkan penyakit ini. Hal terbaik adalah melakukan pencegahan agar sinus tak kambuh lagi.

Dr. Agus Subagio, Sp THT, dokter spesialis THT yang praktik di RS Puri Indah menjelaskan sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang alergi terhadap pencetusnya misalnya debu atau udara dingin.

Gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan flu biasa yang sering terjadi pada musim hujan seperti pilek, hidung tersumbat, berlendir, demam dan sakit kepala (biasanya saat bangun tidur), ingus berwarna kuning atau kehijauan, nafas bau, batuk berlendir, demam tinggi (di atas 39 derajat Celcius), sakit gigi dan kurang sensitif terhadap rasa dan bau.

Banyak orang yang tidak tahan dengan sakitnya sehingga memilih untuk segera operasi, tapi terkadang operasi yang dilakukan berkali-kali.

Sinus merupakan penyakit yang gampang kambuh. Jika si penderita tidak pintar-pintar menjauhi pemicunya maka sinus bisa kumat lagi meskipun sudah dilakukan operasi.

"Gagalnya operasi sinusitis hingga harus dilakukan berkali-kali kebanyakan karena faktor dari si penderitanya sendiri," ujar Dr Agus.

Karena tidak ada cara praktis untuk menghilangkan sinus, mengatasi penyebab sinus lebih baik daripada berusaha memulihkan serangan yang parah.Next

Halaman 1 2 3 4
(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit