detikhealth

Umur Berapa Bayi Sudah Bisa Diajarkan Renang?

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 30/04/2010 10:00 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: Dailymail)
Norwegia, Renang adalah olahraga yang wajib dikuasai anak. Anak bisa diajarkan berenang sejak dini, bahkan sejak mereka masih bayi. Umur berapa bayi sudah bisa diajarkan berenang?

Sebuah studi menemukan bahwa bayi yang diajarkan berenang sejak masih berusia beberapa bulan, memiliki keseimbangan fisik dan kemampuan menggenggam yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak diajarkan berenang.

"Perbedaan ini tetap terlihat bahkan hingga anak berusia lima tahun," ujar Profesor Hermundur Sigmundsson, peneliti dari Norwegian University of Science and Technology, seperti dilansir dari Dailymail, Jumat (30/4/2010).

Bayi-bayi perenang telah berpatisipasi di kelas berenang selama dua jam seminggu dari usia 2-3 bulan sampai mereka berusia sekitar 7 bulan.

Sesi yang khas dari kelas renang bayi ini adalah membantu bayi melakukan jungkir balik di atas objek yang mengapung, menyelam di bawah air, dan melompat dari tepi kolam. Selebihnya tergantung orangtua masing-masing bayi.

Profesor Sigmundsson dan Profesor Brian Hopkins dari Lancaster University, kemudian membandingkan 19 bayi perenang dan 19 bayi yang tidak berpartisipasi dalam kelompok renang bayi.

Satu-satunya faktor yang membedakan mereka adalah berenang, faktor lain seperti pendidikan orangtua dan status ekonomi adalah sama.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit