detikhealth

Mengapa Saat Sakit Lidah Terasa Pahit?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 05/05/2010 16:09 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (foto: watoday.com.au)
Jakarta, Saat badan kurang sehat, seringkali semua makanan terasa pahit. Makanan yang manis sekalipun, rasanya menjadi sepahit jamu sehingga selera makan berkurang.

Sensasi pahit di lidah biasanya tidak hadir sendirian. Gejala tersebut selalu hadir menyertai kondisi lain yakni mulut kering dan napas tidak sedap.

Untuk diketahui, makanan perlu dilarutkan dengan liur agar bisa dirasakan oleh lidah. Karena itu jika mulut sedang kering, kemampuan lidah untuk mengecap rasa juga akan berkurang.

Dikutip dari The Breath, Rabu (5/5/2010), mulut kering umumnya disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur karena berbagai hal. Liur sedikit artinya oksigen juga berkurang, sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob.

Bakteri-bakteri tersebut memproduksi gas sulfur dalam jumlah besar dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bakteri itu sendiri juga bisa menyebabkan sensasi pahit di lidah.

Beberapa orang memiliki lidah dengan permukaan lebih kasar, sehingga lebih rentan ditumbuhi bakteri. Karena papila atau tonjolan-tonjolan di lidah lebih besar, sekilas lidahnya tampak lebih putih dan berbulu.

Menurut Dr. Rob Danoff dari Frankford Hospitals, dikutip dari MSN, Rabu (5/5/2010), kemampuan lidah dalam mengecap juga erat kaitannya dengan kemampuan hidung dalam mencium bau.Next

Halaman 1 2
(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit