detikhealth
Konsultasi Kandungan
dr. Dhely Lesthama. SpOG

dr. Dhely Lesthama. SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 11 Mei 2010 hingga 6 Desember 2010)

Amankah Tambal Gigi Saat Hamil?

Selasa, 11/05/2010 15:50 WIB
Ilustrasi (Foto: medicmedia)
Dokter, saya sedang mengandung 4,5 bulan calon anak pertama. Yang mau saya tanyakan, gigi saya sekarang terasa sakit karena berlubang. Apakah selama hamil ini saya boleh melakukan penambalan gigi? Adakah ada dampak buruk dari proses penambalan gigi buat saya dan janin? Terimakasih.

Novi (Perempuan Menikah, 26 Tahun), vievons.cute@yahoo.com


Jawaban


Pada prinsipnya boleh dikerjakan bila tindakan penambalan tersebut tidak menimbulkan nyeri pada saat penambalan dan sesudah penambalan.

Karena rasa nyeri tersebut akan merangsang pengeluaran Prostaglandin (molekul yang berperan dalam pengaturan detak jantung, pembuluh darah, kerusakan sel dan daya tahan) di tubuh Ibu sehingga menyebabkan timbulanya kontraksi. Akan tetapi gigi yang tidak ditambal pun dan rasa nyeri juga akan memicu pengeluaran Prostaglandin.

Saran saya gunakan antiseptik dan analgetik lokal yang aman sesuai petunjuk dokter gigi sampai bayi lahir. Penambalan gigi tidak ada dampak langsung pada bayi kecuali akibat kontraksi tersebut di atas yang dapat merangsang persalinan prematur.

dr.Dhely Lesthama.SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan, praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit