detikhealth

Tips Mengatasi Mata Lebam

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 19/05/2010 17:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: schild.com)
Jakarta, Mata lebam biasanya terjadi jika bagian mata terpukul atau terbentur benda tumpul. Hal ini tentu saja berbahaya dan bisa mengganggu penampilan. Ikuti tips berikut untuk membantu mengatasi mata lebam.

Mata lebam terjadi jika jaringan disekitar mata mengalami cedera. Biasanya membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk membuat lebam ini hilang dan darah terserap kembali ke dalam tubuh.

Mata lebam diawali dengan kelopak mata dan daerah sekitarnya yang menjadi hitam kebiruan, lalu berkembang menjadi ungu. Jika mendekati sembuh, warnanya akan berubah menjadi kekuningan.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya mata lebam, seperti pukulan di hidung atau sekitar mata karena cairan akan berkumpul di jaringan longgar dari kelopak mata, beberapa prosedur bedah wajah atau jenis tertentu dari cedera kepala yang disebut dengan basilar skull fracture.

Seperti dikutip dari eHow, Rabu (19/5/2010) ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata lebam, yaitu:

1. Menempelkan kantung es yang dibungkus dengan kain tipis ke daerah sekitar mata yang lebam tanpa memberikan banyak tekanan. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan dan menghentikan pendarahan internal. Jika mata sangat lebam, tempatkan kantung es di atas mata atau daerah sekitar dahi. Jangan menempatkan es terlalu lama di posisi yang sama, lebih baik menggunakan interval waktu 10 menit lalu mengulanginya lagi.

2. Usahakan menempel kantung es tidak dalam posisi tidur, tapi naikkan posisi kepala dengan menggunakan bantal untuk mengurangi bengkak.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit