Cairan Pelumas, Mengandung Sperma atau Tidak?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 24/05/2010 18:00 WIB
ilustrasi (Foto: sheknows)
Jakarta, Sebelum mencapai ejakulasi seorang laki-laki terkadang mengeluarkan cairan (sering disebut pelumas) dan begitu juga saat ejakulasi terjadi. Tapi apakah cairan yang keluar sebelum ejakulasi mengandung sperma?

"Jika cairan yang keluar sebelum ejakulasi tersebut berasal dari kelenjar cowper, maka cairan tersebut tidak mengandung sperma sehingga tidak menyebabkan kehamilan," ujar Prof Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS saat dihubungi detikHealth, Senin (24/5/2010).

Kelenjar cowper berbentuk seperti dua kacang polong yang terletak pada dasar penis di bawah prostat dan menghasilkan cairan berwarna bening. Cairan ini akan menuju saluran urine saat terjadi rangsangan seksual dan sebelum orgasme atau ejakulasi.

Kelenjar ini menghasilkan cairan seperti lendir pada saat sebelum ejakulasi terjadi yang transparan, tidak berwarna, kental dan dikeluarkan dari uretra ketika terjadi peningkatan hasrat seksual. Cairan ini membantu melubrikasi uretra agar dapat melalui spermatozoa dan membantu menyingkirkan sisa urin serta benda asing lainnya.

"Tapi jika cairan tersebut keluar saat seorang laki-laki mengalami ejakulasi, maka cairan tersebut mengandung jutaan hingga puluhan juta sperma secara normal yang bisa mencapai sel telur dan menyebabkan kehamilan," ungkap Prof Wimpie.

Cairan yang keluar saat ejakulasi ini biasa disebut dengan semen. Sebagian besar cairan ini berasal dari organ reproduksi laki-laki yaitu cairan yang berasal dari vesikula seminalis, kelenjar prostat, testis dan epididymes.

Rata-rata volume cairan semen yang diproduksi dalam satu kali ejakulasi bervariasi antara 2-5 mL dan bisa terdiri hingga ratusan juta sperma, tergantung pada volume ejakulasi dan lamanya waktu hingga ejakulasi tersebut berakhir.

Jadi jika cairan yang keluar sebelum ejakulasi tersebut berasal dari kelenjar cowper, maka cairan tersebut tidak mengandung sperma dan berfungsi membantu melubrikasi atau sebagai pelumas.

(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit