detikhealth

Menyembuhkan Suara Serak atau Hilang

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Selasa, 25/05/2010 12:45 WIB
Menyembuhkan Suara Serak atau HilangIlustrasi (Foto: healthtodaytips)
Jakarta, Suara serak atau hilang pastinya akan mengganggu aktivitas terutama bila Anda seorang penyiar atau penyanyi yang bekerja mengandalkan suara. Bagaimana menyembuhkan suara serak dan hilang?

Laring yang juga disebut kotak suara, merupakan bagian dari saluran pernapasan yang mengandung pita suara. Luar dinding laring kartilaginosa sering disebut sebagai 'Adams apple', dua band otot yang membentuk huruf 'V' di dalam laring. Ketika menyanyi atau berbicara, pita suara bergetar dan menghasilkan suara.

Suara serak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Yang paling umum adalah iritasi dan cedera pada pita suara atau laringitis akut (peradangan pita suara), yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas (biasanya virus) dan lebih sering karena penggunaan berlebihan atau penyalahgunaan suara, seperti dari teriakan atau lagu nada tinggi.

Seperti dilansir dari MedicineNet, Selasa (25/5/2010), berikut beberapa penyebab lain terjadinya suara serak:

  1. Nodul jinak pita suara
  2. Gastroesophageal reflux disease (GERD) yaitu gejala atau kerusakan mukosa yang diproduksi oleh refluks asam lambung yang abnormal di kerongkongan
  3. Alergi
  4. Merokok atau menghirup iritan
  5. Amandel
  6. Trauma laring atau pita suara
  7. Kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson dan stroke
  8. Kanker laring

Dan cara jitu untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Hemat suara
Ketika sedang serak, jangan gunakan suara untuk sementara waktu. Jangan bicara apalagi berbisik, karena berbisik dapat lebih menegangkan pita suara ketimbang bicara normal.

2. Minum minuman hangat
Banyak minum minuman hangat akan menyejukkan tenggorokan Anda. Minum 6 hingga 8 gelas per hari akan membantu membuat tenggorokan tetap basah. Tapi jangan minum kopi atau minuman berkafein lainnya, karena ini akan memperparah suara Anda.

3. Makan makanan yang mudah ditelan
Bubur atau makanan lunak yang mudah ditelan sementara waktu dapat membantu mengatasi suara serak.

4. Hindari pemicu alergi
Hindari lingkungan kering dan barasap atau tempat-tempat yang dapat memicu alergi Anda, karena dapat membuat tenggorokan kering dan memperparah suara serak.

5. Obat antibiotik
Laringitis akut yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas, biasanya akan memperbaiki sendiri sebagai infeksi membersihkan tubuh. Pengobatan konservatif yang menekan batuk (tidak mengandung alkohol), antibiotik atau penghilang rasa nyeri dapat pula membantu.

6. Berhenti merokok
Bila suara serak Anda disebabkan karena terlalu banyak merokok, maka hentikanlah kebiasaan buruk tersebut, karena tak hanya membuat suara serak, tapi juga merupakan pemicu berbagai macam penyakit degeneratif.

7. Hirup uap
Menghirup uap air dari air panas dapat mengurangi radang dan mengencerkan lendir, serta meringankan suara serak.

8. Jangan gunakan obat kumur
Hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol, karena alkohol dapat memperparah iritasi.

9. Pembedahan
Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengatasi nodul jinak atau polip, trauma laring atau pita suara, dan juga kanker laring.

(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit