detikhealth

Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Bisakah Keloid Disembuhkan Tanpa Operasi?

Rabu, 26/05/2010 10:42 WIB
Bisakah Keloid Disembuhkan Tanpa Operasi?(dok. istimewa)
Dokter, apakah ada obat untuk penyakit keloid pada kulit tanpa operasi? Penyakit ini membuat saya tidak percaya diri. Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

Idub (Lelaki Lajang, 27 Tahun), budijutanto@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 cm dan Berat Badan 52 kg


Jawaban

Salam Budi,

Foto yang Anda sertakan memperlihatkan keloid pada daerah dada, sampai pundak. Area tersebut kebetulan merupakan area yang mudah terjadi keloid pada mereka yang memang memiliki kecenderungan keloid. Luka kecil bahkan bekas jerawat saja sudah dapat mencetuskan timbulnya keloid.

Keloid yang ada hendaknya diperhatikan apakah masih bertambah besar. Bila keloid tersebut terasa gatal atau sakit ada kemungkinan keloid tersebut masih bertambah besar.

Sampai saat ini pengobatan keloid memang belum dapat memberikan hasil yang maksimal. Umumnya pengobatan keloid mengupayakan agar keloid tidak membesar, dapat mendatar, rata dengan kulit sekitarnya.

Hasil pengobatan keloid biasanya meninggalkan warna kulit yang lebih gelap bila dibandingkan dengan kulit sekitarnya.

Pengobatan keloid selain operasi, baik tunggal maupun kombinasi dengan obat lain sesudah operasi, adalah dengan penyuntikan bahan obat yang bersifat menekan pertumbuhan sel pada lokasi keloid, sehingga diharapkan keloid menjadi kecil.

Pengobatan tersebut cukup efektif namun umumnya perlu diulang beberapa kali secara teratur. Obat luar untuk keloid berupa krem atau jel tersedia pula di pasaran. Penggunaan obat oles dapat memperlambat bertambah besarnya keloid. Pada pemakaian jangka panjang keloid dapat berkurang ukurannya secara bertahap.

dr Eddy Karta SpKK


RS Cipto Mangunkusumo
Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat.

Edmo Clinic

Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.
(ir/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit