detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Bisakah Keloid Disembuhkan Tanpa Operasi?

Rabu, 26/05/2010 10:42 WIB
Halaman 1 dari 2
(dok. istimewa)
Dokter, apakah ada obat untuk penyakit keloid pada kulit tanpa operasi? Penyakit ini membuat saya tidak percaya diri. Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

Idub (Lelaki Lajang, 27 Tahun), budijutanto@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 cm dan Berat Badan 52 kg


Jawaban

Salam Budi,

Foto yang Anda sertakan memperlihatkan keloid pada daerah dada, sampai pundak. Area tersebut kebetulan merupakan area yang mudah terjadi keloid pada mereka yang memang memiliki kecenderungan keloid. Luka kecil bahkan bekas jerawat saja sudah dapat mencetuskan timbulnya keloid.

Keloid yang ada hendaknya diperhatikan apakah masih bertambah besar. Bila keloid tersebut terasa gatal atau sakit ada kemungkinan keloid tersebut masih bertambah besar.

Sampai saat ini pengobatan keloid memang belum dapat memberikan hasil yang maksimal. Umumnya pengobatan keloid mengupayakan agar keloid tidak membesar, dapat mendatar, rata dengan kulit sekitarnya.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit