detikhealth

Mainan Favorit Anak Usia 1 Tahun

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 03/06/2010 14:00 WIB
(Foto: sheknows)
Jakarta, Saat si kecil mulai bisa bergerak, maka ia akan menjadi penjelajah sejati. Tak heran jika ia menjadi sering memegang barang tertentu dan mulai memiliki mainan favorit. Setidaknya ada 6 jenis mainan yang sangat disukai si kecil di tahun pertama kehidupan.

Orangtua akan menyadari bahwa permainan bayinya akan semakin kompleks seiring bertambahnya kemampuan yang dimiliki si kecil.

Bayi pada usia ini akan sangat menikmati hal yang terlihat ganjil, barang-barang yang mirip dengan orang yang dikenalnya, komedi-komedi tertentu dan mainan yang mudah jatuh. Mainan-mainan ini akan membuat si kecil tertawa keras.

Seperti dikutip dari buku Your Baby Month by Month karangan Su Laurent dan Peter Reader, Kamis (3/6/2010) yang diterbitkan Esensi ada 6 mainan yang sangat disukai si kecil pada usia 1 tahun yaitu:

Telepon
Benda ini adalah sumber keingintahuan si kecil dan ia akan suka bermain dengan telepon milik orangtua atau orang lain. Meski demikian ia cenderung tidak terlalu senang jika melihat orangtuanya mengobrol terlalu lama di telepon, hal inilah yang membuat si kecil selalu ingin merebut dan ikut berbicara di telepon. Selain itu mainan ini menjadi favorit karena si kecil penasaran dengan suara yang terdengar dari telepon tersebut.

Bola untuk dikejar
Saat bayi sudah mulai bisa berjalan, maka ia akan sangat menikmati bola yang bergulir bolak balik dan akan terus meminta orangtua atau orang lain untuk bermain bersama dengannya.

Mainan beroda yang bisa ditarik
Awalnya buah hati akan menarik mainan tersebut sambil duduk, tapi jika ia sudah bisa berjalan maka ia akan menarik mainan tersebut di belakangnya. Hal ini akan menimbulkan kesenangan tersendiri untuk anak.

Apa saja yang bisa dijatuhkannya
Jika bayi sudah bisa memegang dan menjatuhkan barang, maka kondisi ini akan menjadi permainan favoritnya dan juga sangat menguji kesabaran orangtua. Segala macam barang yang bisa dipegangnya dengan konsisten serta mudah untuk dijatuhkan akan sangat sering dilakukan si kecil.

Mainan susun
Balok-balok ringan, gelas plastik, cincin susun atau apapun yang bisa disusun membentuk seperti menara akan menjadi mainan yang seru. Pada awalnya si kecil akan meminta bantuan orangtua untuk menyusunnya, tapi seiring perkembangannya ia akan bisa melakukannya sendiri.

Wadah

Si kecil akan sangat menyukai menaruh barang di dalam wadah tertentu lalu mengeluarkannya lagi. Mainan penyortir bentuk adalah pilihan yang baik untuk menantang si kecil, karena barang tersebut akan bisa masuk ke dalam wadah jika sesuai dengan bentuk lubangnya. Tapi jika anak sudah kesal, maka ia akan mencopot tutup mainan dan memasukkan semua bentuk secara langsung ke dalam wadah.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit