detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Dhely Lesthama. SpOG

dr. Dhely Lesthama. SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 11 Mei 2010 hingga 6 Desember 2010)

Otak di Janin Ada Cairan

Jumat, 04/06/2010 15:17 WIB
Ilustrasi (Foto: health)
Dok, istri saya hamil 8 bulan, waktu USG kemarin kata dokter ada cairan di otak janin. Berbahayakah itu dok? Apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya? Oleh dokter diberi obat clydamycyn dan minggu depan harus check up lagi. Mohon jawabannya ya dok karena saya sangat khawatir akan bayi saya. Terimakasih sebelumnya.

Hafid Junaidi (Lelaki Menikah, 27 Tahun), junaidi.hafid@yahoo.com
Tinggi Badan 165 cm dan Berat Badan 65 kg


Jawaban

Kemungkinan cairan di otak tadi dapat terjadi karena gangguan sirkulasi di ventrical otak, sehingga terjadi gangguan misalnya Hydrocephalus. Gangguan ini biasanya dikoreksi setelah bayi lahir dan selama hamil biasanya dimonitor secara ketat kondisi anak-Ibu.

Sebaiknya segera konsultasikan juga dengan dokter spesialis saraf anak (Neuropediatric) untuk penanganan dan koreksi paska melahirkan.

Pada beberapa kasus, anak dapat tumbuh normal dan sehat dengan penanganan yang baik. Gangguan tersebut disebabkan karena infeksi atau gangguan penutupan selaput otak pada trimester 1, saat Organogenesis.

dr.Dhely Lesthama.SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan, praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit