detikhealth

Macam-macam Ruam Merah Pada Bayi dan Artinya

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 08/06/2010 14:55 WIB
Halaman 1 dari 3
ilustrasi (Foto: wellsphere)
Jakarta, Ruam merah yang timbul pada bayi dan anak-anak tak hanya akibat biang keringat saja. Beberapa ruam merah terkadang pertanda dari penyakit serius. Kenali macam-macam ruam merah yang sering menyerang bayi.

Selama ini masyarakat mengetahui jika anak mengalami ruam disebabkan oleh biang keringat atau akibat ruam popok. Tapi ada beberapa ruam merah yang bisa menjadi petunjuk penyakit serius yang sedang dialami si kecil.

Kalau hanya ruam akibat biang keringat itu disebabkan oleh penyumbatan saluran kelenjar keringat oleh sel-sel kulit mati yang tidak terbuang sempurna.

Keringat yang tidak bisa keluar ini akan menimbulkan bintik-bintik merah yang disertai rasa gatal. Kondisi ini akan hilang dan cenderung tidak berbahaya.

Seperti dikutip dari buku Your Baby Month by Month karangan Su Laurent dan Peter Reader, Selasa (8/6/2010) yang diterbitkan Esensi ada beberapa ruam yang jadi pertanda penyakit, yaitu:

Ruam Merah Pertanda Cacar air
Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus yang sangat umum, serta menyebabkan bercak merah dan gatal di daerah dada dan punggung. Tapi bisa juga timbul diseluruh bagian tubuh.

Bercak merah tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi bintil seperti tetesan air yang kemudian mengering dan menjadi koreng. Biasanya anak akan merasa tidak enak badan sebelum bercak tersebut muncul.Next

Halaman 1 2 3
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit