detikhealth

Sindrom Kuda Laut Bikin Pria Suka Wanita Tinggi Besar

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 09/06/2010 08:32 WIB
Halaman 1 dari 2
Mick Jagger-Jamie Cullum (dailymail)
Zurich, Banyak pria yang menyukai wanita-wanita yang lebih tinggi dan besar dari dirinya. Hal ini ternyata juga terjadi pada kuda laut, sehingga pria penyuka wanita bongsor disebut dengan sindrom kuda laut.

Ilmuwan menyebut pria-pria yang menyukai wanita bertubuh besar dengan sindrom kuda laut. Layaknya kuda laut jantan yang menganggap bahwa semakin besar pasangan maka akan semakin baik.

Ilmuwan telah melakukan penelitian pada jenis kuda laut berperut besar, Hippocampus abdominalis. Tidak seperti kebanyakan makhluk dalam kerajaan hewan, ilmuwan menemukan bahwa kuda betina-lah yang memilih pejantan dengan dipengaruhi oleh ukuran 'kantong induk' jantan.

Para ahli menganggap bahwa betina yang memilih pejantan karena dialah yang akan menetaskan telur dan si betina ingin mendapatkan pejantan yang terbaik untuk melakukan pekerjaan itu.

Kuda laut memiliki bentuk reproduksi yang unik, yang mana pejantan-lah yang harus hamil setelah memasukkan telur betina dalam kantong induk, tempat anak-anak kuda laut tumbuh dan berkembang menjadi kuda laut remaja.

Namun, ilmuwan meyakini bahwa kuda laut jantan akan bahagia mendapatkan betina yang bertubuh besar, karena menganggap betina yang besar dan tinggi akan menghasilkan keturunan yang besar pula, sehingga lebih mampu bertahan di lautan.

Peneliti dari University of Zurich menemukan bahwa kebanyakan spesies kuda laut jantan Hippocampus abdominalis memiliki pasangan betina yang 15 hingga 20 persen lebih besar darinya.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit