detikhealth

Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 14/06/2010 17:05 WIB
Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat(Foto: usatoday)
Jakarta, Beberapa orang ada yang terlalu takut naik pesawat, sementara yang lainnya terpaksa menghabiskan perjalanan dengan gemetar ketakutan jika harus naik pesawat. Bagaimana mengatasi rasa takut terbang dengan pesawat?

Fobia untuk menggunakan pesawat biasanya dipicu oleh rasa takut terhadap ketinggian atau pernah memiliki trauma tersendiri yang berhubungan dengan pesawat terbang di masa lalu.

Seperti dikutip dari Dailymail, Senin (14/6/2010) Dr George Fieldman, seorang ahli terapi perilaku kognitif dan Jennie Francis, seorang hipnoterapi memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan jika seseorang memiliki rasa takut untuk terbang dengan pesawat, yaitu:

Jangan menggunakan obat atau konsumsi alkohol
George Fieldman memberikan peringatan terhadap orang yang menggunakan obat atau alkohol untuk mengatasi rasa takutnya. Karena hal ini hanya akan membuat seseorang menjadi ketagihan dan pada penerbangan berikutnya akan tetap merasa ketakutan, sehingga tidak mengatasi masalah.

Ada beberapa teknik menenangkan yang akan membuat suatu perjalanan menjadi lebih mudah untuk dihadapi, yaitu berkonsentrasi pada pernapasan.

"Bernafaslah dalam hitungan empat, lalu tahan pada jumlah waktu yang sama hingga bernapas kembali secara perlahan-lahan. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa sedikit tenang," saran Jennie.

Cobalah membuat segala sesuatu menjadi ringan
Terdapat beberapa bagian yang bisa membuat seseorang merasa terancam, seperti sinyal-sinyal yang menunjukkan "terminal" dan "tujuan akhir". Suara-suara yang ditimbulkan ini terkadang menimbulkan kesan horor.

Karena itu cobalah membuat lelucon dengan kata-kata tersebut sehingga bisa membuat tertawa dan mencari tanda yang serupa untuk membuat lelucon berikutnya.

Turbulensi adalah suatu kesenangan
Turbulensi adalah suatu kondisi yang bisa membuat seseorang merasa takut dan menyeramkan. Jennie mengungkapkan jika seseorang bisa menikmati kejadian tersebut, maka hal ini akan mengubah sikap orang tersebut.

Cobalah untuk mengatakan pada teman bahwa turbulensi adalah sesuatu yang menyenangkan secara berulang-ulang. Hal ini akan memaksakan perubahan pemikiran dan mengubahnya menjadi lelucon.

Menghadapi rasa takut
George Fieldman mengungkapkan satu-satunya cara untuk menaklukan rasa takut adalah dengan menghadapinya. Pada dasarnya, seseorang harus memulai untuk terbang agar bisa menghentikan rasa takutnya.

Tahap awalnya cobalah untuk membiasakan diri dan mengenal lebih jauh mengenai interior pesawat, karena hal ini bisa membantu mengurangi rasa takutnya.

Penerbangan adalah transportasi yang aman
Jika melihat dari segi statistik, penerbangan adalah bentuk perjalanan yang paling aman. Jika dibandingkan dengan angka kecelakaan mobil, maka jumlah kecelakaan mobil jauh lebih tinggi.

Kalau sudah terbiasa maka orang tidak akan merasa takut. Selain itu seseorang perlu bergantung pada ilmu pengetahuan yang ada dan tidak hanya mengandalkan perasaan semata.

Ketahui beberapa hal tentang pesawat
Terkadang seseorang memiliki ketakutan terhadap pesawat karena tidak mengetahui sepenuhnya tentang alat transportasi ini. Pesawat masih bisa terbang dengan aman ke tujuannya bahkan jika salah satu mesin gagal.

Sebuah pesawat bisa meluncur selama 30 menit sebelum mendarat, bahkan tanpa adanya mesin yang bekerja. Pesawat juga bisa dilengkapi dengan sistem yang dapat menghindari tabrakan di udara.

Selain itu pesawat juga memiliki radar cuaca untuk menghindari kondisi buruk dan tetap dilengkapi dengan peralatan terbang saat melalui badai. Serta memiliki bahan bakar yang cukup untuk melakukan alternatif pendaratan.

Menggeser fokus dari rasa takut
Orang harus mengalihkan perhatiannya dan memikirkan hal lain selain penerbangan. Jika hal ini tidak berhasil, cobalah untuk menghitung tiga hal yang bisa dilihat oleh penglihatan tepi.

Begitu selesai cobalah untuk mendengarkan tiga hal yang bisa didengar, lalu temukan tiga hal yang bisa dirasakan seperti kaki di lantai, bokong yang duduk di bangku serta tangan yang berada di pangkuan.

"Jika sudah selesai, ulangi lagi ke bagian awal dan temukan hal yang berbeda. Ini adalah cara yang sangat baik untuk membantu menenangkan pikiran," ujar Jennie.

(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit