detikhealth

Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 14/06/2010 17:05 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: usatoday)
Jakarta, Beberapa orang ada yang terlalu takut naik pesawat, sementara yang lainnya terpaksa menghabiskan perjalanan dengan gemetar ketakutan jika harus naik pesawat. Bagaimana mengatasi rasa takut terbang dengan pesawat?

Fobia untuk menggunakan pesawat biasanya dipicu oleh rasa takut terhadap ketinggian atau pernah memiliki trauma tersendiri yang berhubungan dengan pesawat terbang di masa lalu.

Seperti dikutip dari Dailymail, Senin (14/6/2010) Dr George Fieldman, seorang ahli terapi perilaku kognitif dan Jennie Francis, seorang hipnoterapi memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan jika seseorang memiliki rasa takut untuk terbang dengan pesawat, yaitu:

Jangan menggunakan obat atau konsumsi alkohol
George Fieldman memberikan peringatan terhadap orang yang menggunakan obat atau alkohol untuk mengatasi rasa takutnya. Karena hal ini hanya akan membuat seseorang menjadi ketagihan dan pada penerbangan berikutnya akan tetap merasa ketakutan, sehingga tidak mengatasi masalah.

Ada beberapa teknik menenangkan yang akan membuat suatu perjalanan menjadi lebih mudah untuk dihadapi, yaitu berkonsentrasi pada pernapasan.

"Bernafaslah dalam hitungan empat, lalu tahan pada jumlah waktu yang sama hingga bernapas kembali secara perlahan-lahan. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa sedikit tenang," saran Jennie.

Cobalah membuat segala sesuatu menjadi ringan
Terdapat beberapa bagian yang bisa membuat seseorang merasa terancam, seperti sinyal-sinyal yang menunjukkan "terminal" dan "tujuan akhir". Suara-suara yang ditimbulkan ini terkadang menimbulkan kesan horor.Next

Halaman 1 2 3
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit