detikhealth
Konsultasi Anak
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Kenapa Telinga Anak Sering Berkerak?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 18/06/2010 09:00 WIB
ilustrasi (Foto: geoparent)
Jakarta, Pagi dok, telinga dalam anak saya secara periodik selalu berkerak dan harus dibersihkan menggunakan mikroskop THT. Dokter THT menyatakan bahwa tidak ada cara lain untuk menyembuhkannya selain dengan dibersihkan secara rutin. Sebenarnya apa penyebab penyakitnya, apa karena eksim telinga, jamur, bakteri atau hal lain? Bagaimana cara penyembuhannya? Terimakasih dok.

Reinya Deviarti (Perempuan Menikah, 30 Tahun), reinya_d@yahoo.com
Tinggi Badan 155 cm dan Berat Badan 60 kg


Jawaban

Serumen telinga selalu ada dan selalu terbentuk. Peran serumen telinga adalah bertujuan perlindungan tubuh supaya tidak mudah terjadi infeksi. Tetapi kalau berlebihan kadang menyumbat bahkan menjadi infeksi.

Kebiasaan kita membersihkan dengan cara tidak benar, biasanya dengan cara dikorek. Serumen seharusnya keluar, tetapi justru masuk ke dalam, bahkan memicu terjadi infeksi.

Ada 2 macam serumen telinga. Ada bentuk yang kering dan ada bentuk yang basah. Tipe yang kering mudah untuk keluar sendiri. Sedangkan yang basah sering menyebabkan tersumbat. Jadi hati-hati membersihkan. Langkah terbaik dibersihkan oleh ahlinya.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.(ver/ver)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit