detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Rabu, 17/12/2014 18:37
Berita Pilihan 2014
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr. Susie Rendra, SpKK

dr. Susie Rendra, SpKK adalah dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Bagaimana Mengobati Mata Ikan?

Jumat, 18/06/2010 13:02 WIB
Mata ikan (foot-care.org)
Dok, saya mempunyai penyakit yang biasa disebut 'Mata Ikan' di kaki saya sebelah kiri. Apakah penyakit mata ikan ini bisa sembuh tanpa harus dioperasi? Kalau bisa bagaimana caranya dan apa obatnya?

Terimakasih.

Musthofa Ibnul M (Lelaki Lajang, 20 Tahun), musthofa_sipil@yahoo.co.id
Tinggi Badan 167 cm dan Berat Badan 60 kg

Jawaban

Mata ikan atau istilah medisnya Clavus merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit, biasanya dialami di telapak kaki.

Pada bagian tengah mata ikan, biasanya dapat dijumpai 'Keratotic olug' yaitu penebalan kulit yang membentuk semacam inti yang mengeras. Inti mengeras inilah yang menimbulkan rasa nyeri saat kita berpijak, terutama saat tidak menggunakan alas kaki (akibat langsung menyentuh lantai yang keras). Bila tidak diobati, pada beberapa orang, mata ikan ini dapat mengalami infeksi dan menjadi borok yang agak dalam.

Penyebab mata ikan adalah tekanan dan gesekan berlebihan yang terus menerus. Mata ikan ini lebih sering ditemukan pada orang yang sering menggunakan sepatu yang tertutup. Risiko juga lebih tinggi pada orang yang menggunakan alas kaki yang sempit dan pasien gemuk, karena tekanan pada kaki menjadi lebih besar.

Untuk pengobatan mata ikan, biasanya faktor risiko harus diatasi terlebih dahulu, misalnya jangan menggunakan sepatu yang sempit. Saat berobat ke dokter kulit, sebelum dilakukan tindakan laser, bedah listrik, ataupun pembedahan, biasanya diawali dengan penggunaan salap yang mengandung asam salisilat dengan persentase yang cukup tinggi. Jika tidak berhasil, dapat dipilih terapi cara lain. Jadi pengobatan tidak selalu dimulai dengan pembedahan.

dr. Susie Rendra, SpKK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. Serta di RS Pondok Indah Pondok Indah, Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.
 
(up/up)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit