detikhealth

Dijual di Internet, 'Lightsabre' Bisa Membakar Kulit

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 18/06/2010 17:22 WIB
Dijual di Internet, Lightsabre Bisa Membakar KulitSpyder III (foto: theawesomer)
Melbourne, Penggemar film Star Wars pasti tidak asing dengan Lightsabre, pedang laser yang dipakai oleh Jedi. Sebuah perangkat mirip Lightsabre kini dijual di internet, dengan kekuatan laser 1.000 kali di atas batas aman.

Dikutip dari News.com.au, Jumat (18/6/2010), perangkat bernama Spyder III Pro Arctic itu diproduksi oleh perusahaan asal China, Wicked Laser. Harga ecerannya cukup murah, hanya 200 dolar AS atau sekitar Rp 1,8 juta.

Dengan daya sebesar 1 watt, efek perangkat laser ini jika ditembakkan ke kulit manusia diperkirakan 1.000 kali lebih kuat dari sinar matahari. Jika diarahkan langsung ke mata, bisa menyebabkan kebutaan hanya dalam hitungan milidetik.

Beberapa video demonstrasi di YouTube menunjukkan, kekuatan Spyder III cukup mencengangkan. Selain bisa membakar obyek tertentu, alat ini bisa digunakan untuk menyalakan rokok, menyebabkan balon meletus, dan bahkan bisa mematikan lampu di jalan raya.

Direktur Wicked Laser, Steve Liu menegaskan bahwa alat ini memang didesain hanya untuk keperluan militer, industri dan ilmiah. Pihaknya mengaku tidak bertanggung jawab bila alat ini dipakai oleh pengguna non-profesional.

Selain itu, Liu juga menjamin keamanan penggunaan Spyder III. Di samping petunjuk dan peringatan yang disertakan sudah cukup lengkap, pembeli juga akan mendapatkan pelindung mata khusus (goggle) secara cuma-cuma.

Namun tetap dengan alasan keamanan, Australia memilih untuk mencekal Spyder III. Di negara tersebut, penggunaan perangkat laser dengan daya di atas 1 miliwatt harus mendapat ijin dan sertifikat pendaftaran dari kepolisian.

Laser dengan daya yang lebih kuat tidak boleh digunakan secara bebas sejak tahun 2008. Larangan ini menyusul maraknya 'serangan laser' terhadap sejumlah penerbangan komersial di Australia beberapa tahun yang lalu.

Bahaya penggunaan perangkat laser memang banyak menjadi perhatian, terutama terkait risikonya jika mengenai mata. Bahkan pointer yang sering dipakai dalam presentasi juga bisa merusak retina mata.

(up/mer)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit