detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler
Konsultasi Saraf
Dr. Michael Setyawan SpS

Dr. Michael Setyawan SpS, adalah dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Apa Terapi yang Cocok untuk Pasien Bell's Palsy?

Selasa, 22/06/2010 15:21 WIB
Ilustrasi (Foto: AFP)
Dok, saya terkena penyakit bell's palsy sudah 3 harian. Sudah ke dokter saraf, dan dikasih obat, terus disuntik injeksi block. Ada perubahan, sedikit mengalami perubahan di lidah, sudah bisa merasakan rasa. Minggu depan mau terapi sinar dan terapi sengat listrik, tapi ada yang bilang bahwa itu percuma buang uang dan tenaga. Tapi ada yang bilang berguna tetapi lama.

Pertanyaannya adakah obat atau terapi yang bisa dilakukan sendri? Atau pengobatan alternatif yang bisa singkat mengobati penyakit ini? Karena saya masih malu untuk keluar rumah, karena mulut saya masih miring apabila bicara. Dan air liur yang masih berlebihan. Mohonbantuannya. Terimakasih

Lili (Lelaki Menikah, 33 Tahun), rianrafliriza@yahoo.com
Tinggi badan 167 cm dan Berat badan 58 kg


Jawaban

Bell's Palsy adalah kelumpuhan saraf wajah satu sisi yang mendadak dan penyebabnya tidak diketahui. Kelumpuhan wajah pada Bell's Palsy disebabkan proses peradangan saraf wajah saat berjalan di dalam tulang tengkorak. Kurang lebih 2 dari 3 penderita Bell's Palsy dapat sembuh sempurna dalam beberapa minggu sampai 6 bulan.

Pengobatan dilakukan dengan obat anti inflamasi dan vitamin B 12. Selain dengan obat, mata pada sisi wajah yang lumpuh harus diberikan perlindungan dari paparan yang berlebih karena kelopak mata tidak dapat menutup dengan sempurna. Biasanya dianjurkan pemberian air mata buatan untuk menjaga mata tetap lembab dan dianjurkan menggunakan kaca mata jika keluar rumah.

Pada hari-hari pertama penderita Bell's Palsy dianjurkan tidak terlalu agresif melakukan terapi fisik untuk memberi kesempatan saraf memperbaiki diri.

Beberapa cara terapi fisik misalnya dengan kompres hangat, pijat wajah dan latihan menggerakkan otot wajah di depan cermin. Saya anjurkan Anda tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pengobatan selanjutnya. Untuk terapi fisik dan latihan otot wajah di rumah, saya anjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter ahli rehabilitasi medik.

Dr. Michael Setyawan SpS 
Dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 


(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit