detikhealth

Senam Kegel untuk Pria Bisa Mengendalikan Ejakulasi

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 30/06/2010 08:55 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: gusuwik.info)
Jakarta, Senam kegel selama ini lebih banyak ditujukan untuk perempuan karena bisa meningkatkan kontraksi otot vagina. Tapi sebenarnya senam kegel juga bermanfat besar bagi laki-laki dalam mengendalikan ejakulasi.

Senam kegel berguna untuk melatih otot dasar panggul atau disebut dengan pubococcygeus (PC). Otot-otot yang bergerak adalah organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus.

Ilustrasi sederhana senam kegel ini seperti menahan dan melepaskan air seni, yang ketika itu dilakukan maka otot-otot panggul akan bergerak.

Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring.

Saat mengendarai mobil bahkan saat berada di kamar kecil pun dilakukan senam ini yang penting semua latihan ini dilakukan dalam keadaan tenang.

Dinamakan senam kegel karena pertama kali yang menemukan adalah Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kandungan di Amerika yang prihatin melihat banyak perempuan hamil yang tidak bisa mengontrol buang air kecil. Orang yang sering mengompol dan penderita wasir juga dianjurkan melakukan senam Kegel. Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit