detikhealth

Penyakit Kulit Michael Jackson Menurun ke Anaknya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 01/07/2010 11:48 WIB
Prince (foto: Telegraph)
Los Angeles, Pengakuan Michael Jackson bahwa kulitnya memutih karena menderita penyakit kulit vitiligo bisa jadi benar. Sebab anak tertuanya, Prince ternyata mengidap penyakit yang sama.

Dikutip dari Telegraph, Kamis (1/7/2010), bercak putih yang mencirikan penyakit tersebut ditemukan di bawah lengan Prince (13 tahun). Fotografer mengabadikannya saat Prince tengah berlibur di Hawaii bersama 2 saudaranya, Paris (12 tahun) dan Blanket (8 tahun).

Kemungkinan bercak tersebut karena terbakar matahari dinilai sangat kecil. Selain karena berada di area yang tidak terkena matahari secara langsung, bercak tersebut dikatakan lebih dramatis dibandingkan dengan kulit yang terkelupas.

Sebelum meninggal tahun lalu, Michael Jackson memang pernah mengaku menderita vitiligo selama bertahun-tahun sehingga kulitnya memutih. Namun pengakuan tersebut ditanggapi dingin oleh publik, yang menuduhnya sengaja melakukan pemutihan kulit.

Dikutip dari Medlineplus, vitiligo merupakan gangguan pigmentasi di area kulit wajah maupun seluruh tubuh. Bisa juga menyerang rambut, dan menyebabkan uban tumbuh lebih cepat.

Penyebab kerusakan pigmen hingga kini belum diketahui pasti. Beberapa dugaan mengaitkannya dengan sistem kekebalan tubuh, karena penyakit ini sering terjadi pada orang dengan gangguan imunitas.

Riwayat keluarga atau keturunan juga merupakan salah satu faktor risikonya. Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan, vitiligo sering ditemukan pada beberapa anggota dalam satu keluarga.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, sehingga tujuan terapinya hanya menghentikan kerusakan pigmen. Selain dengan obat, gangguan ini juga bisa diatasi dengan operasi dan terapi cahaya.(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit