detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Jantung
Dr. Roy Christian, SpJP

Dr. Roy Christian, SpJP, adalah Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Pantangan Bagi Penderita Jantung Koroner

Senin, 05/07/2010 13:01 WIB
Jantung (dok. e-healthadvisor)
Mertua saya mempunyai penyakit jantung koroner dan sudah berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, namun kata dokter tersebut tidak ada pantangan makanan kecuali makanan yang asin? Mohon penjelasannya. Terimakasih

Anton Siswanto (Pria Menikah, 37 Tahun), si_antonsiswanto@ymail.com
Tinggi Badan 170 cm dan Berat Badan 64 kg


Jawaban

Pada prinsipnya memang tidak ada pantangan makan secara mutlak. Namun dalam hal pola makan yang penting adalah makan makanan yang mengandung gizi yang cukup dan seimbang. Tapi juga perlu pembatasan zat-zat yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, seperti lemak, baik yang meningkatkan kolestrol maupun trigliserida, karbohidrat (khususnya bagi penderita diabetes melitus).

Pada kasus mertua Bapak, selain penyakit jantung koroner mungkin beliau menderita penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sehingga sangat dianjurkan untuk mengurangi makanan yang asin.

Selain memperhatikan pola makan, perlu juga diperhatikan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga teratur, minimal 3 kali seminggu, tidak merokok, serta manajemen stres yang baik. Dengan memperhatikan dan melakukan hal-hal tersebut di atas diharapkan penanganan penyakit ini dapat lebih optimal.

Dr. Roy Christian, SpJP
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit