detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Kulit Bentol Merah, Alergi atau Kaligata?

Jumat, 09/07/2010 13:03 WIB
Halaman 1 dari 2
Kaligata (dok.steadyhealth.com)
Dok, sudah hampir tiga bulan ini kulit saya sering merah-merah bentol kayak pulau-pulau. Seringnya terjadi kalau pagi, malam dan sore hari. Saya sudah ke dokter kulit dikasih bedak dan tablet, katanya untuk anti radang dan gatal. Kalau saya minum obatnya sembuh, tapi nanti kambuh lagi.

Nah, sekarang anak saya (3 tahun) yang kalau tidur malam dengan saya, mulai seperti saya. Kalau malam suka gatal-gatal, merah-merah, bentol kayak pulau-pulau juga, kalau habis dibedakin sembuh tapi besoknya muncul lagi.

Bagaimana penanganannya? Bahayakah kondisi ini? Apakah termasuk dalam katagori alergi? Mohon pencerahannya. Terimakasih.

Ari (Perempuan Menikah, 31 Tahun), arihar.yati@yahoo.com
Tinggi Badan 146 cm dan Berat Badan 47 kg


Jawaban

Salam Bu Ari,
Kondisi yang Anda alami sering disebut sebagai kaligata atau biduran, dengan bahasa kedokterannya adalah urtikaria. Penyakit ini umumnya timbul pada saat kondisi fisik tidak terlalu baik.

Kondisi ini bukan merupakan penyakit menular namun timbul karena ada reaksi berlebihan tubuh terhadap kondisi luar baik udara, debu, makanan, minuman, maupun agen fisik lain misalnya gesekan, tekanan pakaian, angin, sinar matahari, suhu panas ataupun dingin dan lain-lain.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit