detikhealth

7 Cara Alami Meningkatkan Testosteron

Vera Farah Bararah - detikHealth
Sabtu, 10/07/2010 16:00 WIB
(Foto: perfectshape)
Jakarta, Selama ini perawatan yang dilakukan untuk mengatasi kekurangan hormon testosteron adalah melalui terapi hormon. Padahal hormon ini juga bisa ditingkatkan dengan cara-cara yang alami.

Testosteron adalah salah satu hormon yang banyak terdapat di dalam tubuh laki-laki. Serta merupakan hormon dasar yang diperlukan untuk meningkatkan massa dan stamina otot.

Untuk bisa meningkatkan hormon testosteron secara alami harus melalui beberapa proses dengan tujuan menjaga kebugaran. Seperti dikutip dari eHow, Sabtu (10/7/2010), ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Belajarlah untuk makan 6 kali sehari
Selama ini orang makan 3 kali sehari dengan porsi besar, tapi cobalah untuk makan sebanyak 6 kali dalam sehari dengan jarak 2-3 jam dengan porsi yang lebih kecil. Dengan melakukan ini secara alami tubuh akan mengatur proses hormonal serta metabolismenya untuk menghindari kondisi yang fluktuatif.

Konsumsi lemak
Zat gizi yang paling penting untuk dikonsumsi dalam meningkatkan testosteron adalah lemak. Lemak berpengaruh terhadap setiap proses hormonal di dalam tubuh. Lemak yang menjadi kunci disini adalah lemak sehat jenuh. Asam lemak esensial yang bisa dijadikan sumber untuk meningkatkan kadar testosteron adalah kacang, alpukat, ikan, minyak zaitun dan canola.

Meningkatkan konsumsi sayuran
Beberapa sayuran seperti brokoli, kembang kol, lobak, kubis atau kol, telah terbukti bisa mengurangi kadar estrogen sehingga hormon testosteron jadi meningkat.

Tidur minimal 8 jam sehari
Tubuh membutuhkan jumlah tidur yang tepat dan cukup untuk menghindari stres. Kurangnya tidur berkontribusi terhadap produksi kortisol, kondisi ini memicu berkurangnya produksi testosteron di dalam tubuh. Selain itu sebaiknya diikuti dengan mengurangi tingkat stres di rumah dan juga di kantor.

Berolahraga secara teratur
Dengan melakukan latihan secara teratur akan menurunkan kadar stres dari otot-otot sehingga memaksa tubuh untuk meningkatkan produksi testosteron.

Membatasi konsumsi alkohol
Alkohol memiliki efek yang dramatis terhadap produksi testosteron, sehingga tak ada salahnya untuk mengurangi konsumsinya. Lebih baik hanya mengonsumsi 1-2 kali dalam seminggu.

Meningkatkan kehidupan seks
Rangsangan seksual membuat tubuh meningkatkan produksi oksitosin, endorphin dan juga hormon testosteron. Karena itu setidaknya melakukan hubungan seks seminggu sekali untuk mempertahankan tingkat testosteronnya. Testosteron akan menurun jika seseorang tidak melakukan hubungan seks lebih dari seminggu.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit