Isosorbide Dinitrate (Oral)

Sandika Dwi Putri - detikHealth
Senin, 12/07/2010 14:57 WIB
Isosorbide Dinitrate (myhealth.ucsd.edu)
Jakarta, Deskripsi:
Isosorbide dinitrate adalah jenis vasodilator. Obat ini mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan persediaan darah dan oksigen ke jantung. Obat ini digunakan untuk mencegah sakit di dada yang disebabkan oleh angina.

Indikasi:
Untuk mencegah sakit di dada yang disebabkan oleh angina.

Dosis:
  1. 20-120 mg/hari melalui mulut (per oral) dengan dosis terpisah.
  2. Dosis boleh ditingkatkan sesuai respon dari pasien.
  3. Dosis maksimum: 240 mg/hari

Efek Samping:
  1. Efek CNS (sakit kepala yang biasanya meningkat dengan pemberian jangka panjang, light headedness, kepenatan, dan syncope); Efek CV namun agak jarang (bradycardia, hipotensi); Efek GI (N/V, bowel incontinence, xerostomia).
  2. Toleransi terhadap nitrat biasanya berkembang dengan penggunaan jangka panjang dan pemberian dosis bebas-nitrat dalam jarak waktu yang cukup itu diperlukan.

Instruksi Khusus:
  1. Dosis untuk menangani toleransi nitrate: Dianjurkan memberi dosis terakhir pada pukul 7 malam; lakukan 2x sehari daripada 4x/hari; lakukan persiapan pemberian dosis lanjutan di pagi hari.
  2. Jauhi dari pasien dengan hipotensi akut, hipovolemia, anemia, gagal jantung dalam kaitan dengan adanya gangguan atau meningkatnya tekanan yang berhubungan dengan trauma atau perdarahan.
  3. Gunakan dengan hati-hati pada pasien dengan disfungsi hati atau ginjal akut, hipotiroidisme, malnutrisi atau hipotermia.
  4. Berkontra-indikasi pada pemberian obat bersamaan dengan inhibitor phosphodiesterase (dikenal dengan Sildenafil).
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit