detikhealth

Wajah Samuel Zylgwyn Lumpuh Sebelah Karena Bell's Palsy

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 24/07/2010 07:53 WIB
Halaman 1 dari 3
Kiri: Samuel setelah kena Bell\'s Palsy
Jakarta, Saat otot wajahnya sulit digerakkan, pesinetron Samuel Zylgwyn mengira hanya karena masuk angin. Siapa sangka, ternyata itu merupakan gejala penyakit Bell's Palsy yang membuat wajah dan sarafnya lumpuh sebelah.

Bell's Palsy adalah kelumpuhan saraf wajah satu sisi yang mendadak dan penyebabnya tidak diketahui. Kelumpuhan wajah pada Bell's Palsy disebabkan proses peradangan saraf wajah saat berjalan di dalam tulang tengkorak.

Kondisi menyeramkan ini terjadi pada Samuel sekitar 1 bulan yang lalu. Aktor muda berusia 22 tahun tersebut mengalami hal tersebut pada pagi hari, tak lama setelah menyelesaikan aktivitas syuting pada malam harinya.

Tanpa didahului oleh gejala lain, tiba-tiba saja sebagian wajahnya tidak bisa digerakkan. Matanya sulit menutup, otot wajah terasa kaku dan bahkan bibirnya menjadi tidak simetris seperti orang yang terserang stroke.

Samuel sempat mengira hal ini hanya disebabkan oleh aktivitasnya yang memang terlalu padat. Karena memang sedang kelelahan dan sering menghirup udara malam, Samuel mengira kondisi itu tidak lebih dari gejala masuk angin.

Mengira kondisinya tak serius, Samuel tidak mau ambil pusing dan melanjutkan aktivitasnya pada hari itu. Ia baru panik ketika sama sekali tidak bisa tersenyum dan kesulitan untuk bicara, lalu didesak oleh teman-temannya di lokasi syuting untuk periksa.

"Shock sih enggak ya, yang bikin shock justru temen-temen yang mengatakan hal-hal menyeramkan. Ada yang bilang saya kena stroke lah, penyakit ini itu dan segala macam," ungkap Samuel yang mengenakan batik saat menghadiri jumpa pers program charity Rita Dinah Kandi untuk Yayasan Kanker Indonesia (YKI), di kantor YKI, Jl. GSSY Ratulange, Jakarta, Jumat sore (23/7/2010).Next

Halaman 1 2 3
(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit