detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Anak 9 Bulan kok Belum Bisa Merangkak

Jumat, 30/07/2010 14:35 WIB
ilustrasi (Foto: babydevelopment)
Dokter, anak saya usianya sudah 9 bulan tapi belum bisa merangkak dan masih sebatas guling-guling saja. Ia terlihat loyo seperti tulang-tulangnya belum kuat. Padahal anak saya makannya banyak dengan ikan salmon dan protein lain, vitamin afaliss drops dan buah-buahan setiap hari. Pertanyaan saya, kira-kira apa yang terjadi dengan anak saya dok? adakah masukan atau pemeriksaan untuk anak saya? Terimakasih.

Bunda Ismie (Perempuan Menikah, 27 Tahun), isme_hamasah@yahoo.com
Tinggi Badan 150 cm dan Berat Badan 50 kg


Jawaban

Anak usia 9 bulan seharusnya sudah dapat duduk tanpa dipegang, bisa merambat serta duduk kemudian berdiri keposisi berdiri. Sebagian kecil anak malah ada yang sudah dapat berdiri dengan berpegangan satu tangan. Jika anak ibu masih berguling guling, tentu harus menjadi perhatian serius. Makanan dan vitamin memang perlu untuk pertumbuhan seorang anak, tetapi itu hanya bagian dari pendukung untuk anak tumbuh sehat saja.

Dalam masalah ini perlu dicari penyebab mengapa perkembangan motorik sang anak yang sangat kurang. Hal ini bisa terjadi karena terdapat kelainan saraf atau ototnya, atau bisa juga karena anak tidak dilatih. Cobalah diperiksakan segera kondisi anak Ibu ke dokter anak terdekat.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
(ver/ver)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit