detikhealth

Spironolactone

Sandika Dwi Putri - detikHealth
Selasa, 10/08/2010 13:06 WIB
Spironolactone (dok. ddccdn.com)
Jakarta, Deskripsi:
Spironolactone merupakan potassium-sparing diuretic (water pill) yang mencegah tubuh dari penyerapan garam yang terlalu banyak dan menjaga tubuh dari kekurangan kadar potassium.

Indikasi:
  1. Untuk mengobati kondisi dimana terlalu banyak terdapat aldosterone dalam tubuh. (Aldosteron adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin untuk membantu mengatur keseimbangan garam dan air dalam tubuh).
  2. Untuk mengobati edema (fluid retention) pada penderita gagal jantung kongestif, cirrhosis pad hati, atau gangguan ginjal yang disebut sindrom nefrotik.
  3. Untuk mengobati atau mencegah hipokalemia Kadar potassium rendah dalam darah).

Dosis:
  1. Dosis awal: 25 mg melalui mulut (per oral), 1 kali sehari.
  2. Jika setelah 1 bulan pasien masih memiliki gejala tetapi kadar potassium dalam keadaan normal, tambahkan dosis menjadi 50 mg melalui mulut (per oral), 1 kali sehari.

Efek Samping:
Efek CNS (sakit kepala, keadaan mengantuk, ataksia, kebingungan mental);EfekGI (kram, diare); Endokrin & metabolis (gynecomastia, hirsutism, ketidakteraturan menstruasi, impotensi, acidosis sedang, hiponatremia, hiperkalemia, dan peningkatan BUN (blood urea nitrogen) yang temporer).

Instruksi Khusus:
  1. Sebelum memulai terapi, periksa serum K <5mmol/L & Cr<250 micromol/L (2.8 mg/dL)
  2. Hindari pada pasien dengan hiperkalemia atau kerusakan ginjal akut.
  3. Gunakan dengan hati-hati padapasien yang berisiko meningkatkan kemungkinan hiperkalemia (misalnya diabetes mellitus, pada orang yang lebih tua, pasien dengan kerusakan hati atau ginjal)
  4. Serum K dan Cr harus diukur setelah 4-6 hari dari dimulainya pengobatan. (Jika kadar serum K antara 5-5.5 mmol/L, kurangi setengah dosis. Jika kadar serum K >5.5 mmol/L, hentikan pemberian Spironolactone)
  5. Jika dosis ditingkatkan hingga 50 mg/hari, periksa serum K dan Cr 1 minggu setelah dosis ditingkatkan.
  6. Serum K dan Cr harus diawasi terus selama terapi.
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit