detikhealth

Olahraga yang Baik Saat Puasa

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 12/08/2010 14:30 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Meski sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan latihan fisik untuk tetap bugar, terlebih bagi orang yang sudah terbiasa melakukannya.

Olahraga tetap harus dilakukan meski orang sedang berpuasa. Tapi olahraga yang dimaksudkan bukanlah olahraga berat yang memerlukan banyak tenaga dan mengeluarkan banyak keringat.

"Saat puasa, olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari atau setelah subuh," ujar Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Kamis (12/8/2010).

Dr Ari mengatakan bahwa olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan yang tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Olahraga yang tepat itu misalnya jalan-jalan atau yoga setelah subuh saat udara masih bersih dan bersepeda, cukup 30 menit hingga 1 jam.

Sementara olahraga yang sebaiknya dihindari adalah yang banyak mengeluarkan keringat karena berisiko dehidrasi. Olahraga yang mengeluarkan banyak keringat itu contohnya sepak bola, tenis dan lari.

"Meski puasa orang tetap harus berolahraga, tapi bukan berarti olahraga yang mengeluarkan keringat banyak seperti sepak bola atau tenis," tambah dokter sekaligus Wakil Sekjen PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Menurut Dr Ari olahraga juga dapat dilakukan saat sore hari, sebelum waktu berbuka, yaitu sekitar jam 5 sore.

"Saat sebelum berbuka, orang juga bisa melakukan olahraga. Jadi kalau sudah merasa kekelahan dan haus, kan sudah dekat waktu berbuka. Tapi tetap bukan olahraga yang menguras tenaga, nanti malah bikin pingsan," terang Dr Ari.

Olahraga saat berpuasa tetaplah penting, tapi jangan sampai olahraga tersebut malah merugikan diri Anda sendiri bila tidak dilakukan pada waktu dan kadar yang tepat.
(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit