detikhealth

Kantin Sekolah yang Ideal

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 27/08/2010 08:01 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Banyak hal bisa dilakukan murid di kantin sekolah, mulai dari jajan, diskusi, curhat, bahkan berkelahi. Sebagai tempat yang paling sering dikunjungi para murid kantin harus sehat. Bagaimana kantin yang ideal itu?

Kepala Seksi Penyuluhan Industri Rumah Tangga Badan POM, Dra Novinar mengatakan kebersihan kantin sekolah bisa dimulai dari para pedagang. Tentu saja bekerja sama dengan pengelolanya, dalam hal ini pihak sekolah.

Saat memberikan penyuluhan pada para pedagang makanan di SDS Al-Azhar Rawamangun dan SDN IKIP Rawamangun, Novinar masih mendapati kantin sekolah yang tidak dilengkapi tempat sampah yang tertutup. Beberapa pedagang hanya menyediakan kantong plastik yang kurang higienis karena dapat mengundang lalat.

Bangunan warung yang ideal juga berpengaruh bagi kebersihan, baik pada lingkungan kantin secara keseluruhan maupun barang dagangannya. Misalnya atap yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan debu dan kotoran berjatuhan di lantai dan makanan.

Tidak kalah pentingnya adalah fasilitas cuci tangan di kantin harus memadai. Karena sebagian besar siswa mengunjungi kantin untuk keperluan jajan, maka sabun dan air mengalir harus tersedia agar siswa dapat membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan.

Sedangkan dalam menyiapkan barang dagangan, para pedagang harus benar-benar memperhatikan cara pengolahan yang baik. Bahan makanan tidak boleh sembarangan diletakkan di lantai atau meja yang tidak bersih, sementara produk-produk awetan seperti nuggets harus disimpan di lemari pendingin jika tidak langsung dihabiskan.

"Kadang-kadang para pedagang tidak tahu tentang hal itu. Buktinya setelah diberi penyuluhan banyak yang membenahi warungnya, bahkan mau mengenakan celemek saat menjual makanan," ungkap Novinar saat ditemui dalam acara buka puasa bersama yang digelar oleh Nutrifood di Rempah-Rempah Restaurant, Jl Senopati Jakarta Selatan, Kamis malam (25/8/2010).

Dalam kesempatan tersebut, Nutrifood menganugerahkan Health Agent Award 2010 kepada 3 pedagang di lingkungan sekolah yang dinilai telah memperhatikan kebersihan tempat berjualan. Penghargaan serupa juga diberikan kepada 3 sekolah di Jakarta yang dinilai berhasil menginspirasi gaya hidup sehat yakni SDS Ar-Ridho, SDN Pulo gadung 01 pagi dan SDN Rawamangun 01 Pagi.


(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit