detikhealth

Sering Buang Air Kecil Itu Pertanda Apa?

Jumat, 08/07/2011 12:32 WIB
(Foto: thinkstocks)
Saya bekerja pada ruangan ac yang lumayan dingin, dan sudah 1 bulan ini mengalami sering buang air kecil. Karena saya bekerja di ruangan AC, maka saya memperbanyak minum menjadi 3-5 liter dalam satu hari. Akhir-akhir ini saya merasa intensitas buang air kecil saya menjadi lebih sering yaitu 2-3 kali dalam 4 jam. Yang ingin saya tanyakan, bahayakah jika sering buang air kecil seperti ini? Bagaimana cara mencegahnya? Terimakasih.

Yudi (Laki-laki Lajang, 27 Tahun), yudi@ribhy.co.cc
Tinggi Badan 181 cm dan Berat Badan 120 kg.


Jawaban


Berkemih (buang air kecil) terjadi saat timbul kontraksi dinding dan relaksasi spingter atau klep kandung kemih melalui rangsangan saraf ke dan dari otak. Berkemih menjadi sering terjadi, bila:

1. Kandung kemih cepat penuh, misalnya pada penderita diabetes, orang yang banyak minum, udara dingin dan faktor psikis.
2. Iritasi kandung kemih karena adanya peradangan, batu dan tumor.
3. Rangsangan syarat yang over aktif (overactive bladder). Pola berkemih akan berubah dengan pola minum dan kegiatan sehari-hari.

Dr. Y Soni, Sp.U
Dokter Spesialis Bedah Urologi. Praktik di RS PURI INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
(ver/ver)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit