detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Susie Rendra, SpKK

dr. Susie Rendra, SpKK adalah dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Bintik Gatal Menyebar ke Seluruh Tubuh

Senin, 13/09/2010 09:45 WIB
Foto: Thinkstock
Sebulan terakhir hingga sekarang saya sering mengalami alergi, tidak tahu sebabnya dari makanan atau udara karena saya tidak ada pantangan makanan. Gejala bintik kecil seperti gigitan nyamuk, kemudian menyebar ke seluruh tubuh berubah seperti kena ulat bulu gatal sekali dokter. Saya minum antialergi empat hari sekali. Apakah sebabnya dokter? Bahayakah sering-sering minum obat alergi? Terimakasih atas jawabannya.

Bona Sibarani (Laki-laki Menikah, 43 Tahun), bntsib@yahoo.co.id
Tinggi Badan 170 cm dan Berat Badan 78 kg


Jawaban

Kelainan yang Bapak derita adalah Urtikaria, atau orang awam menyebutnya sebagai biduran, gidu atau kaligata. Gambaran penyakit ini berupa bentol kemerahan yang sangat gatal, kadang disertai warna kepucatan, dengan ukuran bervariasi dan akan bertambah lebar bila digaruk.

Selain gatal, juga bisa timbul rasa terbakar dan menyengat. Biasanya terjadi dengan cepat, dan dengan atau tanpa diobati akan menghilang dalam waktu 24 jam, dan kemudian mungkin dapat timbul kembali.

Pada keadaan yang berat, proses ini dapat mengenai jaringan kulit yang lebih dalam dan selaput lendir, sehingga terjadi pembengkakan pada bibir, mata, telapak tangan, telapak kaki, bahkan sesak nafas dan diare.

Banyak orang mengira Urtikaria selalu disebabkan oleh alergi. Hal ini tidaklah tepat. Memang sebagian disebabkan oleh suatu mekanisme alergi, misalnya alergi terhadap makanan, obat-obatan, tungau debu, bulu binatang, dll.

Namun tanpa disadari, sebenarnya ada sebagian Urtikaria yang dicetuskan oleh berbagai hal lainnya. Beberapa penyebab lain yang mungkin adalah tekanan, kolinergik (biasa muncul saat berkeringat), solar (sinar matahari) atau yang juga sering adalah akibat infeksi dalam tubuh kita, yang mungkin terabaikan misalnya infeksi gigi dan THT.

Memang untuk mengobati biduran biasanya dengan obat-obatan seperti yang sudah bapak minum, yang termasuk golongan antihistamin. Saat ini sudah banyak tersedia antihistamin di pasaran.

Pada prinsipnya obat minum menghilangkan gejala yang timbul. Namun cara yang terbaik adalah mengatasi dan menghilangkan penyebab. Bila penyebab tidak teratasi, biasanya penyakit akan muncul lagi. Saat penyakit muncul berulang kali, sudah saatnya Bapak berobat ke dokter untuk mendapatkan penyelesaian yang memuaskan.

dr. Susie Rendra, SpKK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. Serta di RS Pondok Indah Pondok Indah, Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.
(up/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit