detikhealth

Penyebab Orang Dewasa Masih Kena Campak

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 28/09/2010 15:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Penyakit campak biasanya menyerang anak-anak, tapi bukan berarti orang dewasa bebas dari penyakit ini. Karena ada beberapa faktor yang membuat campak juga bisa menyerang orang dewasa.

Campak adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Virus ini bisa menular ke orang lain melalui udara atau air ludah dari orang yang terkena campak tersebut. Penyakit ini sering ditandai dengan munculnya ruam merah di kulit sebagai tanda adanya perubahan yang terjadi di dalam tubuh.

Masa inkubasi dari virus ini sekitar 6-10 hari, hingga muncul gejala pertama. Setelah itu muncul gejala-gejala awal seperti demam, batuk, flu, mata berair serta sensitif jika terkena cahaya.

Fase terakhir yang dialami adalah munculnya ruam-ruam merah di kulit yang semakin lama semakin banyak dan jelas serta menyebar ke seluruh tubuh.

Apa penyebab orang dewasa masih bisa kena campak?

"Orang dewasa yang terkena campak ada kemungkinan saat anak-anak lolos dari vaksin campak atau saat kecil ia belum pernah kena campak," ujar dr Mawari Edy, saat dihubungi detikHealth, Selasa (28/9/2010).

Lebih lanjut dr Mawari menuturkan jika seseorang sudah pernah divaksin campak, maka seumur hidup ia akan terlindungi dari penyakit ini. Hal tersebut karena di dalam tubuhnya sudah terbentuk antibodi atau kekebalan terhadap campak.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit