detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Bayi Muntah Setiap Hari

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 07/10/2010 14:14 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, anak saya usianya 2 bulan dan sudah 1 bulan ini hampir tiap hari muntah-muntah terus. Saya sudah periksa ke dokter spesialis anak 2 kali, dan dokter mengatakan tidak apa-apa kondisi ini cuma refleks biasa dan saya disuruh diet. Tapi sampai sekarang anak saya masih muntah-muntah terus. Kondisi badannya baik dalam arti beratnya juga naik terus. Pertanyaan saya apa penyebab anak saya muntah-muntah terus dok? Terimakasih.

Susi (Perempuan Menikah, 26 Tahun) zhisan_flying@yahoo.com,
Tinggi Badan 158 cm dan Berat Badan 50 kg


Jawaban

Muntah pada bayi banyak penyebabnya, dapat karena gangguan refleks menelan, gangguan penyempitan spingter pilorus (pangkal antara lambung dan usus) atau terdapat sumbatan di usus. Biasanya bila terdapat ganguan tersebut akan menimbulkan muntah, dan muntah bisa bertambah berat setiap ia minum. Bila muntah berulang, dapat menyebabkan berat badan bayi tidak naik bahkan bisa timbul dehidrasi.

Dari penjelasan dokter yang ibu hubungi, anak ibu tidak ditemukan kelainan dan disuruh diet(?). Bila ini benar,kemungkinan dokter sudah memeriksa bayi ibu, dan tidak ditemukan kelainan. Dokter membatasi pemberian susu agar tidak muntah, dengan petimbangan bila kebanyakan minum dapat menimbulkan muntah.

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan, bayi ibu sehat sehat saja. Kemungkinan volume minumnya banyak saat diberikan. Untuk itu cobalah volume minumnya lebih sedikit, tetapi frekuensinya tetap sering karena bayi lebih sering minum. Berjalan waktu volume minum bertambah dan waktu pemberian lebih panjang.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
(ver/ver)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit