detikhealth

Dokter Gizi: Mie Instant Aman Tapi Tidak Sehat

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 12/10/2010 13:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Hampir sebagian besar masyarakat suka mengonsumsi mie instant dengan berbagai rasa. Meskipun mie instant tersebut aman untuk dikonsumsi, tapi makanan ini tergolong jenis makanan yang tidak sehat.

"Kalau dibilang aman atau tidak, makanan tersebut aman. Tapi makanan tersebut kurang sehat, karena tidak terbuat dari bahan yang fresh atau segar. Karena itu mie yang dikonsumsi secara terus menerus menjadi tidak bagus," ujar Dr Samuel Oentoro MS, SpGK, ahli gizi klinik dari FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Selasa (12/10/2010).

Dr Samuel menuturkan di dalam mie instant memang mengandung bahan pengawet, tapi jika kadarnya dipakai sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih tergolong aman. Karena itu mie instant tidak berbahaya atau tidak menyebabkan keracunan.

"Kalau dikonsumsinya sekali-kali saja karena terpaksa tidak ada makanan ya tidak apa-apa, karena tubuh memiliki organ yang dapat berfungsi untuk detoksifkasi. Tapi kalau organ ini dihantam terus menerus nantinya bisa rusak juga. Karenanya efek dari sering mengonsumsi mie ini termasuk jangka panjang," tuturnya.

Konsep dari makanan yang sehat menurut Dr Samuel berasal dari makanan yang segar serta beranekaragam dalam arti tidak hanya yang itu-itu saja misalnya ada ayam, kangkung, ikan atau sumber makanan segar lainnya.

Sementara mie instant yang terbuat dari tepung terigu termasuk dalam kategori karbohidrat sederhana. Itu artinya makanan tersebut cepat diserap oleh tubuh dan bisa meningkatkan kadar gula darah tapi juga cepat lapar.

Oleh karena itu penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang cepat meningkatkan kadar gula darah karena jika kadar gula darah cepat tinggi akan merangsang pankreas yang menghasilkan insulin berlebih yang ujungnya terjadi hiperglikemia.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit