detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Gunawan Susanto Sp.BS

Dr. Gunawan Susanto Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222

Tidak Tahan Berdiri Lama

Selasa, 12/10/2010 13:35 WIB
Foto: thinkstock
Dokter, saya akhir-akhir ini merasakan di sekitar betis sampai telapak kaki sakit, dan terkadang bengkak. Saya bekerja di salah satu perusahaan swasta, pekerjaan saya itu terkadang membutuhkan waktu untuk berdiri lama dan saya pulang pergi bekerja pun harus naik angkutan dan berdiri pula. Sedangkan saya tidak kuat berdiri, sebaiknya saya harus minum obat apa ya Dok? terima kasih atas jawabannya.

Lusiana
(Perempuan Lajang, 27 Tahun), lusiana.zizah@yahoo.com
Tinggi Badan 162 cm dan Berat Badan 80 kg


Jawaban

Kalau berdasarkan keluhan, maka diduga masalahnya adalah jepitan saraf di tulang belakang bagian pinggang. Pengobatannya yakni bila jepitannya ringan dapat diatasi dengan obat-obatan (obat anti bengkak khusus saraf) yang dilanjutkan dengan sikap tubuh yang benar yang tidak memperburuk jepitan saraf. Akan tetapi bila jepitannya berat maka diperlukan operasi. Namun ini harus dibuktikan dengan pemeriksaan tambahan MRI lumbal serta EMG tungkai.

Dr. Gunawan Susanto Sp.BS
Dokter Spesialis Bedah Saraf. Praktik di RS PURI INDAH-PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 2569522.
 
(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit