detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Perlukah Terapi Hormon untuk Wanita Menopause?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 21/10/2010 17:09 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Menopause adalah proses alami yang tidak bisa dicegah dan semua perempuan pasti akan mengalaminya. Menopause bisa menurunkan kualitas kesehatan perempuan karena berkurangnya hormon estrogen. Perlukah melakukan terapi hormon?

Menopause didefinisikan sebagai kondisi terakhir kalinya seorang perempuan mengalami menstruasi dan biasanya terjadi sekitar usia 50 tahun.

Saat menopause perempuan akan mengalami beberapa perubahan biologis yang secara khusus meliputi penurunan fungsi ovarium yang membuat produksi hormon seks estrogen berkurang secara signifikan.

"Jika kadar estrogen menurun bisa membuat seorang perempuan berisiko mengalami jantung koroner, patah tulang, hipertensi atau diabetes," ujar Prof Dr Med Ali Baziad, SpOG (K) dalam acara media lunch Bayer Schering Pharma dengan tema 'Siap Menghadapi Menopause: Penanganan Tepat Mengatasi Gejala Menopause' di Seribu Rasa Restaurant, Jakarta, Kamis (21/10/2010).

Prof Ali menuturkan perempuan biasanya tidak menyadari kalau dirinya mengalami menopause, karenanya ia akan berkonsultasi ke berbagai dokter untuk setiap gejala yang timbul dan bisa mendapatkan 10-15 obat untuk mengobati gejala menopausenya.

Padahal obat yang mujarab untuk menangani menopause adalah hormon estrogen itu sendiri. Terapi hormon ini bisa dalam bentuk pil yang diminum setiap hari atau menggunakan krim untuk vagina.

Jika menggunakan pil, maka obat ini harus diminum setiap hari dan biasanya dikonsumsi malam hari, sedangkan untuk yang krim akan dioleskan pada vagina selama sebulan dan tidak boleh melakukan hubungan seks selama sebulan itu. Tapi obat krim ini hanya untuk mengatasi kekeringan pada vagina saja dan tidak bisa melindungi perempuan tersebut dari penyakit jantung.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit