detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Perut Mual, Dada Panas dan Napas Sesak

Jumat, 22/10/2010 13:50 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok saya punya keluhan di perut dan dada. Perut (ulu hati) saya sudah sekitar 2 minggu ini terasa nyeri kadang mual dan kembung, terus dada kadang terasa panas, napas juga terasa sesak. Sudah beberapa kali minum obat maag ada yang cair, tablet tetapi kok belum sembuh juga mohon solusinya bagaimana? Terimakasih.

Bambang Rahmanto (Pria Menikah, 45 Tahun), bb_rahmanto@yahoo.com
Tinggi Badan 160 cm dan Berat Badan 72 kg


Jawaban

Ada beberapa kemungkinan penyakit yang menyebabkan gejala ini:

1. Gastro-esophageal-reflux disease
Yaitu tak membukanya otot katup lambung sehingga getah lambung membalik dan masuk ke arah kerongkongan hingga dada terasa panas disertai mual dan kembung. Saya anjurkan Bapak berkonsultasi dengan spesialis penyakit dalam karena pengobatannya cukup lama.

2. Batu di kantung empedu
Hal ini dapat diketahui dengan pemeriksaan ultrasonografi perut/abdomen. Bila positif saya anjurkan Bapak berkonsultasi dengan spesialis bedah.

3. Hiatal hernia
Yaitu masuknya sebagian kecil lambung ke arah kerongkongan. Penyakit ini relatif jarang dan dapat diketahui bila dilakukan gastroskopi atau foto dengan kontras keronkongan dan lambung. Bila positif sebaiknya Bapak ke dokter spesialis bedah untuk berkonsultasi.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
 
(ver/ver)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit