Nasib Pria dengan Satu Buah Zakar

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 28/10/2010 11:29 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Normalnya laki-laki terlahir dengan dua buah testis (buah zakar). Tapi pada kondisi tertentu, laki-laki bisa terlahir hanya dengan satu testis. Bagaimana nasib sistem reproduksinya bila hanya ada satu testis?

Saat pertumbuhan di dalam rahim, testis seharusnya mulai turun ke skrotum (buah zakar) jika sudah mendekati waktu kelahirannya. Tapi untuk kasus tertentu kondisi ini tidak terjadi dan menyebabkan testis tidak turun atau dikenal dengan istilah undescended testicles (cryptorchidism) atau kadang juga disebut monorchism.

Testis pada laki-laki seharusnya sudah turun sejak anak baru lahir. Namun, bila testis hanya turun satu maka tentunya akan mengganggu sistem reproduksi.

Apa yang terjadi bila laki-laki terlahir dengan satu testis?

Testis biasanya berada dalam skrotum karena suhu yang sedikit lebih rendah daripada suhu tubuh. Testis membutuhkan suhu sedikit lebih rendah agar berfungsi dengan baik. Testis mengalami perubahan yang mempengaruhi kinerjanya di kemudian hari, perubahan ini terjadi sampai anak berusia 3 sampai 4 tahun.

Namun, jika testis belum turun (hanya ada satu testis), maka testis tidak akan berada dalam suhu yang ideal dan lingkungannya akan terlalu panas.

Dilansir Medicalnewstoday, Kamis (28/10/2010), komplikasi yang bisa terjadi bila laki-laki hanya memiliki satu testis adalah sebagai berikut:Next

Halaman 1 2
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit