detikhealth

Pilih Mana Gendong Bayi di Samping atau di Depan?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 04/11/2010 09:32 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Menggendong bayi memang memiliki banyak manfaat bagi ibu dan juga bayinya. Bebagai teknik menggendong pun bisa dilakukan, seperti menggendong di samping atau di depan. Tinggal pilih salah satunya dan rasakan manfaatnya.

Bayi yang sering digendong akan menghabiskan waktu lebih sedikit untuk menangis atau rewel, sehingga si kecil memiliki banyak waktu dan energi untuk membantunya tumbuh dan berkembang secara fisik serta mampu berinteraksi dengan lingkungannya.

Namun beberapa pakar juga mengingatkan bayi tidak perlu terlalu sering digendong jika sudah bisa merangkak atau berjalan agar pertumbuhan motoriknya optimal.

Ada berbagai teknik menggendong yang bisa dilakukan oleh orangtua, tapi yang paling umum dilakukan adalah menggendong anak di samping (pinggang) dan juga menggendong anak di depan dengan wajah menghadap keluar.

Dikutip dari Babyworld.co.uk, Kamis (4/11/2010) ada beberapa keuntungan yang didapat dari dua teknik menggendong ini, yaitu:

Menggendong di pinggang

Menggendong bayi disamping atau dipinggang akan membuat bayi lebih mudah melihat wajah orang yang menggendongnya, hal ini akan membuat bayi melihat apa yang orangtuanya lihat, mendengar apa yang orangtuanya dengar serta turut merasakan yang orang lain rasakan.

Orangtua dan anak yang digendong juga bisa saling memberi dan membentuk interaksi dua arah karena secara fisik bayi sangat dekat, sehingga dapat mengkomunikasikan kebutuhannya seperti lapar atau tidak nyaman tanpa harus menangis. Namun pastikan gendongan yang dipakai kuat dan bisa menahan bobot bayi.

Selain itu dari Buku Cantik, Cerdas & Feminin, oleh Dr Handrawan Nadesul diungkapkan bahwa menggendong di pinggang akan memberikan kesempatan bagi panggul anak perempuan untuk berkembang lebih lebar, sehingga nanti bisa membantunya membukakan jalan bila melahirkan kelak.

Menggendong bayi di depan
Teknik menggendong ini memberikan kesempatan bagi orangtua untuk melakukan hal-hal lain selain menggendong, karena tangannya tidak harus memegangi si kecil. Posisi ini juga membuat pandangan si kecil lebih luas dan membuatnya senang, tapi posisi ini boleh dilakukan jika bayi sudah dapat mengontrol gerakan kepalanya.

Posisi menggendong ini akan membuat bayi lebih aman, karena umumnya alat menggendong untuk posisi di depan dilengkapi dengan berbagai pengaman. Serta membuat orang yang menggendongnya lebih fleksibel bergerak.

Jika ingin menggunakan alat ini, pastikan memilih jenis gendongan yang dirancang secara aman untuk bayi dan ukurannya bisa disesuaikan dengan kondisi bayi sehingga ia tidak lolos saat diletakkan. Selain itu pastikan lubang untuk kakinya tidak terlalu sempit untuk bayi.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close