detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Kapan Anak Berhenti Step?

Jumat, 12/11/2010 10:40 WIB
foto: Thinkstock
Dok, saya anak saya usia 4,5 tahun sudah 3 kali terkena step (panas tinggi dan kejang). Apa efek negatif buat si anak dan solusi penanganannya bagaimana? Step ini akan berakhir sampai umur berapa?

Bambang AS
(Pria Menikah, 35 Tahun), santosa@enseval.com
Tinggi Badan 95 Cm dan Berat Badan 14,5 Kg


Jawaban

Anak step (kejang) akibat demam tinggi, sering terjadi pada anak anak. Biasanya kejang terjadi setelah timbul demam yang tinggi. Dan kejang demam biasanya kejadiannya antara usia 6 bulan hingga 4 tahun.

Bila timbul waktunya singkat atau tidak lebih 15 menit dan setelah kejang anak sadar maka disebut kejang demam sederhana (bersifat umum).

Bisa dilakukan pemeriksaan EEG (Electro Encephalo Gram) 2 minggu setelah kejang normal. Kalau ini ditemukan pada kasus demam, ini merupakan kejang demam sederhana. Dan orangtua tidak perlu cemas, karena tidak menimbulkan efek samping.

Pencegahan anak yang pernah kejang demam, harus hati- hati karena peluang kejang lagi akan datang. Bila anak demam segera beri obat penurun panas. Dan ke dokter bila panas tidak turun.

Bila serangan kejang demam jaraknya tidak berdekatan biasanya tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Rata-rata setelah usia 5 tahun kejang tidak timbul lagi kecuali terdapat gangguan kejang tanpa demam (epilepsi).

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
(ir/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit