detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M, adalah dokter subspesialisasi bedah refraktif dam vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 7 Februari 2011 hingga 13 Juli 2012)

Kenapa Mata Selalu Berair?

Senin, 15/11/2010 12:30 WIB
(Foto: thinkstock)
Siang dok, saya mempunyai keluhan pada mata karena setiap kali naik kendaraan pasti mengeluarkan cairan. Dan mata saya agak berat untuk melihat saat mengendarai ataupun tidak. Apa ya dok masalahnya dan tolong beri saya solusinya karena sudah berlangsung 2 bulan dan mata saya dua-duanya minus 3 dan yang kiri silinder 0,75. Terimakasih.

Slamet Novianto (Pria Menikah, 29 Tahun), ptsislamet81@gmail.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 75 Kg


Jawaban

Jika melihat dari keluhan Anda (mata menjadi berat dan mengeluarkan cairan hanya pada saat mengendarai motor), maka kemungkinan Bapak menderita mata kering.

Tetapi untuk kepastiannya harus diperiksa ke dokter mata dan kalau memang mata kering maka akan diberikan air mata buatan, yang mana dosis dan jenisnya disesuaikan dengan beratnya penyakit.

Pada tahap awal, mata kering ditandai dengan rasa mengganjal, sepet, perih, cepat lelah, dan penglihatan kadang-kadang terganggu.

Normalnya, jumlah air mata lebih dari 10 mm. Tapi bila jumlahnya kurang dari 10 mm, maka bisa dikatakan sebagai mata kering.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M
Dokter subspesialisasi bedah refraktif dan vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit