detikhealth
Konsultasi Anak
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Apa Penyebab Anak Sering Sakit Perut?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 18/11/2010 10:14 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dokter, anak saya perempuan 11 tahun sering mengalami sakit perut, katanya perutnya seperti melilit dan panas. Saya sudah bawa ke spesialis anak khusus gastro dan sudah dilakukan USG. Hasil USG tidak ada kelainan apa-apa, hanya banyak tinja saja. Oleh dokter anak saya dinyatakan kurang serat, lalu dikasih obat enzym dan rantin, disuruh banyak minum dan makan sayur dan buah. Semuanya sudah diikuti tapi belum ada perubahan sampai obat yang diberikan habis. Kira-kira diagnosa untuk kondisi anak saya apa ya dok? Apakah anak saya terkena radang usus? Apa harus diendoskopi supaya ketauan sakit anak saya? Mohon pencerahannya dan terima kasih.

Nurida (Perempuan Menikah, 35 Tahun), nurida@skkeris.co.id
Tinggi Badan 149 cm dan Berat Badan 39 kg.


Jawaban

Tindakan ibu memeriksakan anak ke sub spesialis gastro anak sudah tepat. Namun penyebab anak sakit perut itu banyak, salah satunya adalah penumpukan tinja didalam usus. Bila tidak dikeluarkan akan mengeras, dapat menempel pada permukaan usus sehinga menimbulkan infeksi. Dari pemeriksaan USG menunjukkan usus tidak ada masalah, hanya tinja yang menempel dinding usus dan semakin lama semakin keras.

Selama perawatan, anak sudah diberi obat seperti makanan banyak serat dan enzym. Semua perawatan ini bertujuan untuk mempermudah tinja keluar dari usus, sehingga tidka terjadi penumpukan.

Sebaiknya cobalah ibu periksa ulang untuk memastikan apakah anak memiliki radang usus atau tidak. Penyebab radang usus juga bermacam-macam, salah satunya adalah feses yang lama terhambat disaluran cerna. Terhambatnya feses keluar dari usus dapat disebabkan oleh penyempitan usus atau karena pola BAB yang tidak bagus, seperti menahan BAB atau serat yang kurang saat makan.

Sehingga feses mengalami pemampatan dan menimbulkan perlengketan di usus. Ini semua dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan. Sementara itu pemeriksaan endoskopi bertujuan untuk memperjelas diagnosis agar terapi yang diberikan tepat.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit