Tangis Balita Langsung Reda Mendengar Musik Reggae

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 23/11/2010 09:28 WIB
dok: YouTube
Jakarta, Ada banyak cara untuk mengendalikan balita yang sedang yang rewel, misalnya dengan memberinya mainan lucu atau mengajaknya bercanda. Sebuah video yang beredar di YouTube menunjukkan cara lain yang cukup unik, yakni memperdengarkan lagu berirama reggae.

Video yang berjudul "Baby Bob Marley" tersebut diawali dengan adegan seorang balita yang menjerit-jerit di dalam mobil ketika ketika dipindahkan dari kabin depan ke kursi belakang. Kaki dan tangannya terus memberontak ketika sabuk pengaman hendak dipasangkan ke badannya.

Seorang pria dewasa yang juga berada di mobil tersebut hanya tersenyum-senyum, menyiratkan bahwa ia tahu betul bagaimana cara menenangkan si balita. Tidak seperti kebanyakan orangtua saat menghadapi anaknya yang sedang rewel, sedikitpun tidak tampak ekspresi cemas di wajahnya.

Beberapa detik kemudian pria itu memindahkan channel radio di mobilnya, lalu terdengarlah alunan lagu berjudul "Buffalo Soldier". Lagu berirama reggae yang populer di era 1980-an ini merupakan karya musisi legendaris Bob Marley.

Efek dramatis terjadi pada si balita, dari yang semula mengamuk dan menjerit histeris mendadak diam lalu perlahan mulai tersenyum, hingga akhirnya tertawa sambil mengangguk-anggukkan kepala. Adegan seisi mobil tertawa mengakhiri video berdurasi 1 menit 9 detik yang diupload pada 11 September 2010 tersebut.

Dikutip dari BabyCenter, Selasa (23/11/2010), perilaku balita yang menangis dan menjerit-jerit atau disebut sebagai "temper tantrum" merupakan bagian dari perkembangan jiwa seorang anak. Pada anak dengan energi berlimpah, tantrum sering menyebabkan anak sampai berguling-guling dan menendang-nendang.

Banyak cara bisa yang dilakukan untuk meredakan tantrum, namun sedapat mungkin perhatikan beberapa tips berikut ini.
  1. Jangan diprotes atau bahkan mengajaknya berdebat sebab dalam kondisi tantrum si anak berada di luar kontrol dirinya
  2. Menghadapi anak tantrum harus tetap menunjukkan ketenangan, jangan sampai malah ikut-ikutan marah
  3. Jangan sekali-sekali memberi hukuman maupun pujian terhadap perilaku anak ketika sedang tantrum
  4. Sekali lagi, tetap tenang dan jangan menunjukkan rasa panik atau cemas sebab jika anak menyadari bahwa tantrumnya bisa mengubah perilaku Anda maka ia akan tergoda untuk "pura-pura tantrum" ketika menginginkan sesuatu.
(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit