detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M, adalah dokter subspesialisasi bedah refraktif dam vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 7 Februari 2011 hingga 13 Juli 2012)

Bisakah Mata Silinder Disembuhkan?

Rabu, 01/12/2010 10:14 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, mata saya yang kanan minus 4,5 dengan silinder 2 dan mata kiri minus 4 dengan silinder 1. Pekerjaan saya tiap hari berhadapan dengan komputer. Sebelumnya minus saya yang kanan 4 silinder 1 dan yang kiri minus 3 silinder 0,5. Apa yang harus saya lakukan dengan mata saya agar minus dan silinder tidak bertambah terus? Bisakah mata silinder sembuh? Terimakasih.

Yuli (Perempuan Menikah, 27 Tahun), yulifs@ymail.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 56 Kg


Jawaban

Apakah pengukuran kaca mata dilakukan rutin setiap tahun? Karena untuk usia 27 tahun seharusnya ukuran kaca mata sudah relatif stabil. Untuk minus dan silinder memang sangat sulit berkurang dan jika ukurannya stabil sudah dianggap baik.

Mata silinder itu karena fokus pada retina tidak pada satu titik. Penyebabnya bisa akibat kebiasaan membaca yang salah seperti sambil tiduran dan kurang vitamin A.

Sementara untuk mengurangi bertambahnya ukuran minus sebaiknya jika bekerja di depan komputer, istirahatkan mata setiap 10 menit maka setiap setengah jam.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M
Dokter subspesialisasi bedah refraktif dan vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit