detikhealth

Cara Sehat Mengontrol Gairah Seks

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 02/12/2010 17:54 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Banyak orang mengalami masalah dengan nafsu seks atau libido yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Berbagai cara dilakukan untuk dapat mengontrol libido agar mencapai keseimbangan kehidupan seksual. Bagaimana caranya?

Libido atau nafsu birahi sangat berpengaruh terhadap kehidupan seksual. Seseorang dengan libido tinggi cenderung untuk memaksa keinginan seksualnya pada pasangan. Sedangkan libido rendah sering membuat penderitanya malu, frustasi atau ragu untuk dapat menyenangkan pasangan.

Seperti dilansir Ehow, Kamis (2/12/2010), ada beberapa teknik mengendalikan libido yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, antara lain:

1. Sering olahraga
Untuk mengurangi gairah seks, energi dapat digunakan untuk melakukan aktivitas rutin dan aktivitas fisik lainnya seperti olahraga. Hal ini dapat menyalurkan energi seksual menjadi aktivitas fisik yang berbeda, misalnya olahraga berat, seperti latihan maraton atau angkat besi.

Olahraga juga dapat digunakan untuk meningkatkan libido. Bagi orang dengan libido rendah, dapat mencoba melakukan olahraga yang dapat meningkatkan libido dan testosteron, seperti angkat besi, latihan kardiovaskular, latihan Kegel dan Yoga. Olahraga adalah cara yang sederhana dan efektif untuk meningkatkan gairah dan kepuasan dalam kehidupan seksual.

2. Meditasi
Meditasi telah digunakan sebagai alat vital dalam mengendalikan libido. Kadang meditasi dapat dilakukan bersamaan dengan latihan yoga untuk membuat sambungan pikiran dan tubuh, agar dapat meningkatkan atau menurunkan dorongan seksual.

3. Mencoba teknik seksual baru untuk si libido rendah
Jika seseorang mencoba untuk meningkatkan libido, cobalah keluar dari kehidupan seks normal dan beralih ke berbagai teknik seksual baru untuk dapat meningkatkan pengalaman seksual dan libido. Menonton video sensual, bermain peran atau menggunakan perangkat tambahan seksual bisa berguna untuk meningkatkan libido.

4. Catatlah pengalaman erotis

Dengan mencatat pengalaman erotis apa saja yang pernah dilakukan ke dalam sebuah jurnal, bisa melatih seseorang untuk mengendalikan dorongan seksual yang terlalu tinggi atau rendah.

Ketika seseorang sedang berusaha meningkatkan libido, catatan pengalaman erotis tersebut bisa menjadi tempat yang aman untuk mengeksplorasi fantasi erotis dan merekam kemajuannya.

Sedangkan ketika seseorang sedang berusaha menurunkan libido, catatan tersebut dapat menjadi tempat yang berguna untuk mengekspresikan energi seksual.

5. Yoga

Latihan yoga dapat mengurangi kecemasan dan stres, yang merupakan faktor kunci dalam seksualitas seseorang. Mendapatkan kontrol dari akar penyebab dapat membuat orang mengendalikan dorongan seksual.

Yoga sering digunakan untuk menyalurkan energi stres dan kecemasan ke daerah lain, seperti libido, terutama jika orang sedang berusaha untuk meningkatkan dorongan seksual.

(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit