detikhealth
Konsultasi Bedah
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Kenapa Setiap BAB Keluar Darah?

Rabu, 08/12/2010 11:42 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, pada saat BAB, anus saya selalu keluar darah. Ini sudah saya alami dari umur 16 tahun dan sekarang jika berdiri juga keluar darah dan terasa nyeri di sekitar anus. Saat ini saya pakai obat paktus, yang dimasukan ke anus. Mohon solusinya dok. Terimakasih.

Li (Perempuan Lajang, 20 Tahun), nuryaxxxx@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 42 Kg


Jawaban

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi sebab yang Anda kemukakan yaitu wasir (hemoroid/ambeien), polip atau fisura ani. Untuk menentukan penyebabnya perlu pemeriksaan daerah anus yang lengkap, colok dubur(digital examination), dengan anoskop dan bila perlu dengan kolonoskopi.

Berdasarkan penemuan pemeriksaan itu baru nantinya diberikan terapi yang sesuai bisa berupa operasi atau pengobatan. Jadi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk pengobatan yang tepat.

Berdasarkan keluhan Anda dokter akan membuat beberapa kemungkinan diagnosis (differential diagnosis) antara lain wasir luar yang mengalami perdarahan, polip atau lainnya.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.


(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit