detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Dhely Lesthama. SpOG

dr. Dhely Lesthama. SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 11 Mei 2010 hingga 6 Desember 2010)

Kandungan Lemah Saat Hamil

Rabu, 15/12/2010 11:56 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, usia kandungan saya 6 minggu tapi dokter kandungan memvonis kandungan saya lemah. Selanjutnya saya di resepkan obat penguat. Yang saya mau tanyakan, makanan apakah yang dapat membantu proses penguatan kandungan saya?
Biasanya apa penyebab kandungan lemah? Terimakasih.

Rahmini
(Perempuan Menikah, 30 Tahun), soeloeng_3415@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 55 Kg


Jawaban


Dalam istilah medis kandungan lemah adalah adanya gangguan pada leher rahim (serviks) yang disebut dengan inkompetensi serviks. Penyebabnya adalah adanya ketidaknormalan atau kelemahan dari bentuk serviks.

Seharusnya serviks belum terbuka saat usia kehamilan 4 bulan, tapi karena ketidaknormalan tersebut serviks mengalami pembukaan yang menyebabkan hasil pembuahan keluar dari rahim atau mengalami keguguran.

Penyebab kandungan lemah antara lain faktor bawaan atau keturunan, tumor rahim, mioma, gangguan pembekuan darah, akibat adanya infeksi dari luar rahim serta faktor genetik mempengaruhi kualitas kehamilan Ibu.

Makanan yang mengandung cukup protein baik untuk kandungan lemah yang Ibu alami.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan, praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.


(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit