Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Berapa Kali Frekuensi Onani yang Normal?

Jumat, 17/12/2010 15:11 WIB
(Foto: thinkstock)
Dokter, sebenarnya berapa frekuensi yang normal untuk pria beronani? Karena saya setiap hari melakukannya hingga 2-3 kali. Apakah kalau saya keseringan beronani akan mempengaruhi kondisi mental atau kondisi penis di masa depan? Terimakasih.

As (Pria Lajang, 22 Tahun), amponbang@hotmail.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 75 Kg


Jawaban

Frekuensi onani pada pria normal amat bervariasi. Bergantung pada usia, kebugaran fisik, waktu yang dimilikinya dan tidak mengganggu kegiatan produktif sehari-hari.

Jadi kalau Anda melakukan onani 2-3 kali setiap hari ya boleh-boleh saja asalkan memenuhi ketentuan di atas. Selama dilakukan dengan tidak ada hambatan kultural atau spiritual, maka onani tidak akan mempengaruhi kondisi mental atau kondisi penis.

Memang ada penelitian yang mengatakan jumlah masturbasi yang dianggap normal dilakukan 2-3 kali dalam seminggu atau 12 kali dalam sebulan. Jika lebih dari itu bisa berbahaya.

Namun sekali lagi frekuensi onani tiap orang itu berbeda tergantung kebugaran, usia dan waktu yang dimilikinya. Yang jelas orang yang berusia 16 tahun misalnya pasti akan melakukan masturbasi lebih sering dibandingkan orang yang sudah berusia 40 tahun.

Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit