detikhealth
Konsultasi Mata
dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M, adalah dokter subspesialisasi bedah refraktif dam vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 7 Februari 2011 hingga 13 Juli 2012)

Penglihatan Kabur Karena Diabetes

Kamis, 23/12/2010 11:14 WIB
foto: Thinkstock
Saya pria umur 35 tahun yang punya riwayat diabetes dari ibu. Gula darah puasa saya 167 dan setelah 2 jam 315. Saya telah melakukan pemeriksaan mata yang oleh dokter mata saya di vonis mengidap Retinopati Diabetic. Saat ini saya minum obat Matrix 2 mg dan glocophage 500 mg. Pertanyaan saya, apakah retina yang sudah terkena akibat DM ini bisa sembuh total? Dengan cara apa sembuhnya? Terimakasih.

Timotius
(Pria Menikah, 35 Tahun), timotius75@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 65 Kg


Jawaban

Retinopati Diabetik memang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes pada mata. Seorang yang telah menderita diabetes harus rutin memeriksakan matanya.

Kalau sudah terkena maka usaha yang dilakukan oleh dokter mata adalah mencegah kerusakan retina bertambah parah dan mempertahankan bagian retina yang masih baik, sehingga tidak ada istilah sembuh untuk retinopati diabetik.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M
Dokter subspesialisasi bedah refraktif dan vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
(ir/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit