Takaran Konsumsi Gula dan Garam yang Pas Buat Tubuh

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 06/01/2011 08:29 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Gula dan garam banyak menjadi musuh bagi berbagai penyakit serius, terutama tekanan darah tinggi dan diabetes. Tapi gula dan garam tetap dibutuhkan oleh tubuh. Berapa batas maksimal asupan gula dan garam yang sehat setiap hari?

Asupan gula dan garam yang sehat dan tidak melebihi batas asupan harian tetap dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Gula atau glukosa berfungsi untuk memberi energi sel-sel tubuh, sedangkan garam atau natrium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan serta mengatur saraf dan otot agar berfungsi dengan baik.

Asupan gula harian

Dilansir Guardian, Kamis (6/1/2011), berdasarkan rekomendasi British Nutrition Foundation, batas maksimal asupan gula harian untuk orang dewasa normal adalah 90 gram atau tidak lebih dari setengah cangkir.

Jumlah 90 gram gula tersebut sudah termasuk semua jenis gula, baik gula murni maupun gula buatan, juga yang berasal dari makanan atau minuman yang mengandung gula.

Bila orang mengonsumsi gula melebihi asupan harian yang direkomendasikan, tubuh akan meningkatkan keluarnya kalsium melalui urine, menyebabkan karies gigi dan beberapa penyakit berat seperti diabetes dan komplikasinya seperti jantung.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit