detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Bolehkah Bayi 2 Bulan Naik Pesawat?

Senin, 10/01/2011 11:01 WIB
(Foto: thinkstock)
Pagi dok, saat ini kami tinggal di Kairo Mesir dan punya bayi umur 2 bulan, rencananya kami akan mengajak bayi kami liburan ke Indonesia. Pertanyaan saya, apakah boleh bayi yang berumur 2 bulan naik pesawat terbang dengan jarak tempuh antara Kairo-Jakarta sekitar 13 jam? Kalau boleh, hal apa yang harus kami persiapkan? Apakah itu berisiko bagi bayi kami atau tidak? Sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

Muhammad Amroni (Laki-laki Menikah, 25 Tahun), apricot_green87@yahoo.com
Tinggi Badan 53 cm dan Berat Badan 4 kg.


Jawaban

Membawa anak dalam penerbangan kadang cukup riskan, kalau tidak terpaksa sebaiknya ditunda sampai bayi berusia diatas 6 bulan. Walaupun rekomendasi penerbangan mengatakan bayi diatas 1 bulan boleh ikut penerbangan dengan syarat yang ketat, yaitu kondisi bayi dalam kondisi sehat. Mengapa?

Dalam pesawat terdapat perbedaan tekanan udara dibandingkan di darat, sehingga kadang membuat bayi tidak nyaman dan telinga menjadi berdengung. Kondisi ini akan menyebabkan bayi menjadi rewel. Selain itu, suhu di pesawat relatif menjadi lebih dingin yang menyebabkan produksi lendir di hidung bertambah dan hidung tersumbat.

Jika ingin berangkat, persiapan penting untuk diperhatikan. Sebelum berangkat sebaiknya kondisi bayi dalam keadaan sehat. Gunakan baju yang tebal dan siapkan obat-obat sederhana, seperti penurun panas dan obat pilek. Sering beri minum atau menyusui sehingga bayi sering menelan, terutama saat take off atau landing. Langkah tersebut bertujuan agar bayi menjadi nyaman dan tidak rewel.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit